PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 KAMPUNG RAKYAT KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN

Sitinjak, Baringin (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 KAMPUNG RAKYAT KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8126122008 Cover.pdf]
Preview
Text
1. 8126122008 Cover.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8126122008 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8126122008 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8126122008 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8126122008 Abstrak.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8126122008 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8126122008 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8126122008 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8126122008 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8126122008 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8126122008 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8126122008 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8126122008 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8126122008 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8126122008 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8126122008 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8126122008 Bab I.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8126122008 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8126122008 Bab V.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8126122008 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8126122008 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran pemecahan masalah sistematis dan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis tinggi dan siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis rendah, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir logis siswa terhadap hasil belajar matematika. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan terdiri dari 5 kelas. Sampel yang terpilih untuk menjadi kelas pembelajaran pemecahan masalah sistematis adalah kelas VII2 dan kelas VII4 sebagai kelas pembelajaran ekspositori. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampel kelompok secara acak (cluster random sampling). Teknik analisis adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi � = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian adalah: (1) rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran pemecahan masalah sistematis ( = 29,32) lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori ( = 27) dengan Fhitung = 13,32 > Ftabel = 4,00, (2) rata-rata hasil belajar matematika siswa dengan kemampuan berpikir logis tinggi ( = 29,90) lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa dengan kemampuan berpikir logis rendah ( = 26,20), dengan Fhitung = 10,41 > Ftabel = 4,00, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir logis dengan Fhitung = 12,51 > Ftabel = 4,00. Hasil analisis data disimpulkan bahwa siswa dengan karakteristik kemampuan berpikir logis tinggi maka strategi pembelajaran yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran pemecahan masalah sistematis, sedangkan pada siswa dengan karakteristik kemampuan berpikir logis rendah maka strategi pembelajaran yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran ekspositori. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada tenaga pengajar untuk memperhatikan strategi pembelajaran dan karakteristik siswa dalam merancang pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.236 Sit p
Keywords: Pembelajaran Pemecahan Masalah;Hasil Belajar;Strategi pembelajaran;Pembelajaran Ekspositori
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 08 Jun 2016 03:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4582

Actions (login required)

View Item
View Item