KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI SMA NEGERI 1 STABAT T.P. 2019/2020

Febrianti, Rifka and Simatupang, Zulkifli (2021) KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI SMA NEGERI 1 STABAT T.P. 2019/2020. In: Prosiding Webinar Nasional VII Biologi dan Pembelajarannya, 27 Oktober 2021, Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of Text.pdf]
Preview
Text
Text.pdf - Published Version

Download (847kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi empirik tentang penerapan model pembelajaran inkuiri di SMA, dan efeknya terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa. Secara khusus penelitian ini bertujuan mendapatkan informasi tentang keterampilan proses sains siswa kelas XI SMA Negeri 1 Stabat T.P 2019/2020 setelah mendapat pembelajaran biologi menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan hasil belajar (aspek kognitif) siswa. Penelitian ini didesain secara deskriptif. Dengan dua kali pengulangan dilaksanakan pada bulan Februari-April 2020 di kelas XI SMA Negeri 1 Stabat sebanyak 72 siswa. Pembelajaran dengan model inkuiri dilakukan didua kelas dan dilakukan selama 3 kali pertemuan yang sebelumnya sudah dilakukan penyesuaian terlebih dahulu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal pre-test dan post-test, lembar obserbasi, serta angket keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing terjadi peningkatan hal ini dapat dilihat setelah siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi (73,6 %) dibanding dengan hasil pretest (sebelum mendapat pembelajaran inkuiri) (26,3%).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 07 Apr 2022 07:40
Last Modified: 07 Apr 2022 07:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45819

Actions (login required)

View Item
View Item