PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEBAT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X SEMESTER 1 SMA NEGERI 4 MEDAN T.P. 2011/2012

Simanjuntak, Maria Meita and Putri, Amalia Syah and Sinaga, Lediana (2021) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEBAT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X SEMESTER 1 SMA NEGERI 4 MEDAN T.P. 2011/2012. In: Prosiding Webinar Nasional VII Biologi dan Pembelajarannya, 27 Oktober 2021, Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of Text.pdf]
Preview
Text
Text.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh penggunaan metode debat terhadap hasil belajar siswa pada materi virus di kelas X SMA Negeri 4 Medan T.P 2011/2012. 2) Mengetahui pengaruh penggunaan metode debat terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah masalah biologi yang disajikan pada materi pokok virus di kelas X SMA Negeri 4 Medan T.P. 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas kelas X SMA Negeri 4 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas X-3 dengan menggunakan metode debat dan kelas X-4 dengan menggunakan metode ceramah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 14 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel dan instrumen yang kedua adalah soal-soal penyelesaian masalah-masalah biologi yang ditetapkan di kedua kelas. Pada hasil pengujian hipotesis postes diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,20 > 1,667 pada taraf signifikansi a = 0,05 dan dk = 78. Hal ini berarti Ha diterima yang berarti ada pengaruh metode debat dalam mengatasi hasil belajar Hasil penelitian pada penilaian berpikir kritis, nilai rata-rata kelas kontrol adalah 8,7 angka ini lebih kecil dibandingkan dengan rata-rata kelas eksperimen yaitu 11,75. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,40 > 1,667 pada taraf signifikansi a = 0,05 dan dk 78. Hal ini berarti Ha diterima yang berarti ada pengaruh metode debat terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: metode debat, berpikir kritis, virus
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 06 Apr 2022 04:11
Last Modified: 06 Apr 2022 04:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45811

Actions (login required)

View Item
View Item