Hasruddin and Aryeni and Arwita, Widya (2021) IMPLEMENTASI BUKU AJAR DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MAHASISWA PADA MATA KULIAH EVALUASI PEMBELAJARAN BIOLOGI. In: Prosiding Webinar Nasional VII Biologi dan Pembelajarannya, 27 Oktober 2021, Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Medan.
Cover.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
Text.pdf - Published Version
Download (636kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan mengimplementasikan hasil pengembangan buku ajar digital pada mata kuliah Evaluasi Hasil Belajar Biologi untuk memperoleh kemampuan literasi mahasiswa. Implementasi buku ajar digital dilakukan kepada 32 orang mahasiswa yang sedang mengikuti perkuliahan matakuliah Evaluasi Hasil Belajar Biologi dan 6 orang dosen pengampu matakuliah. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Data dikumpulkan dengan angket dan kemampuan literasi dilakukan dengan tes. Data dianalisis dengan menggunakan uji t untuk melihat keefektivan dan teknik persentase untuk menganalisis deskritptif kecenderungan pola kemampuan literasi mahasiswa. Hasil penelitian ditemukan bahwa aspek keterbacaan buku ajar dalam kategori baik, kemampuan literasi mahasiswa lebih baik dengan penggunaan buku ajar digital, dan respon dosen serta mahasiswa dalam kategori positif dengan diimplentasikannya buku ajar digital.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Buku Ajar, Digital, Evaluasi, Pendidikan Biologi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 03:45 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45809 |