MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BIOLOGI MELALUI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PANTAI LABU

Simanullang, Desvica and Br Sinuraya, Kenari and Hariyadi, Itra (2021) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BIOLOGI MELALUI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PANTAI LABU. In: Prosiding Webinar Nasional VII Biologi dan Pembelajarannya, 27 Oktober 2021, Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of Text.pdf]
Preview
Text
Text.pdf - Published Version

Download (864kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang bermakna akan membawa siswa pada pengalaman belajar yang mengesankan. Pengalaman yang diperoleh siswa akan semakin berkesan apabila proses pembelajaran yang diperolehnya merupakan hasil dari pemahaman dan penemuannya sendiri. Dalam konteks ini siswa mengalami dan melakukannya sendiri. Proses pembelajaran yang berlangsung melibatkan siswa sepenuhnya untuk merumuskan sendiri suatu konsep. Keterlibatan guru hanya sebagai fasilitator dan moderator dalam proses pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan keefektifan dan hasil belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Pantai Labu Tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan menggunakan metode siklus dengan dua siklus. Masing – masing siklus dimaksudkan untuk mengetahui keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Biologi. Selanjutnya data siklus I diamati dan kemudian dievaluasi untuk melanjutkan pada siklus dua dan selanjutnya dievaluasi serta refleksi untuk melangkah hingga mendapat hasil maksimal. Siswa lebih antusias belajar terlihat dari data observasi hasil belajar pada siklus I yang hanya 47,22% dan pada siklus II sebesar 91,67%, keaktifan belajar pada siklus II mencapai 90%. Minat siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode numbered heads together sangat besar, sehingga pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran Numbered Heads Together pada mata pelajaran Biologi dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Biologi di kelas XI SMA Negeri 1 Pantai Labu Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Penelitian Tindakan Kelas, Numbered Heads Together
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 07 Apr 2022 09:12
Last Modified: 07 Apr 2022 09:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45807

Actions (login required)

View Item
View Item