Fahisa, Ashal (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MENGGUNAKAN SPARKOL VIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X DI SMK PAB 8 SAMPALI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173311013 COVER.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
2. NIM 4173311013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
3. NIM 4173311013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
4. NIM 4173311013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
5. NIM 4173311013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
9. NIM 4173311013 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (652kB) | Preview
13. NIM 4173311013 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
14. NIM 4173311013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh media pembelajaran berbasis pendekatan saintifik menggunakan Sparkol Videoscribe yang valid, praktis, dan efektif, sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa untuk materi sistem persamaan linear tiga variabel. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi untuk angket respon respon siswa dan guru terhadap media pembelajaran, RPP, LKPD, media pembelajaran untuk media dan materi, tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Setelah seluruh instrumen, perangkat, dan media pembelajaran dinyatakan valid, selanjutnya dilakukan uji coba berupa uji coba perorangan dan kelompok kecil. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pengembangan media pembelajaran berbasis pendekatan saintifik menggunakan Sparkol Videoscribe sudah memenuhi kriteria kevalidan yang didasarkan penilaian validator dengan hasil rata-rata validasi angket respon guru dan siswa sebesar 3,60 dan 3,67, hasil validasi RPP dan LKPD memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,30 dan 3,57 serta hasil validasi media pembelajaran untuk media dan materi memperoleh nilai rata-rata 3,79 dan 3,84 serta masing-masing berada di kategori sangat layak; (2) Pengembangan media pembelajaran berbasis pendekatan saintifik menggunakan Sparkol Videoscribe sudah memenuhi kriteria kepraktisan berdasarkan hasil angket respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran yang menunjukkan persentase kepraktisan sebesar 92,5% dan 88,092% dengan kategori sangat praktis; (3) Pengembangan media pembelajaran berbasis pendekatan saintifik menggunakan Sparkol Videoscribe telah memenuhi kriteria efektif dimana: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal memperoleh 86,84%; b) lebih dari 65% siswa mencapai 75% tujuan pembelajaran untuk setiap indikator; c) waktu pembelajaran pada uji coba lapangan sama dengan pembelajaran biasa serta respon siswa positif terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Pada uji Gain dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan media pembelajaran berbasis pendekatan saintifik menggunakan Sparkol Videoscribe mengalami peningkatan 0,729 sehingga berada di kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 048 |
Keywords: | Pendekatan saintifik; Video pembelajaran; Sparkol videoscribe; Kemampuan pemecahan masalah; Sistem persamaan linear tiga variabel; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 06:20 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 06:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45766 |