Pandiangan, Yunniko Anrio (2021) Hubungan Metode Pembelajaran Discovery Terhadap Hasil Belajar Menggambar Bentuk Peserta Didik Sma Negeri 1 Pollung. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2162151013 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 2162151013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
3. NIM 2162151013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
4. NIM 2162151013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
5. NIM 2162151013 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
6. NIM 2162151013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7. NIM 2162151013 TABLES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
8. NIM 2162151013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
12. NIM 2162151013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
13. NIM 2162151013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
Abstract
Berdasarkan pengamatan yang telah diseleksi dan dilakukan terhadap karya –
karya gambar bentuk siswa, masih banyak ditemukan kelemahan kelemahan yang
sifatnya sangat mendasar bagi keutuhan sebuah karya gambar bentuk. Hal tersebut
terjadi diduga karena kurangnya pemahaman peserta didik dalam menggambar
bentuk dan penggunaan metode pembelajaran yang digunakan guru masih
terkesan monoton/konvensional. Maka dari itu peneliti ini bertujuan untuk
mengetahui apakah ada hubungan antara metode pembelajan discovery terhadap
hasil belajar menggambar bentuk.
Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA
Negeri 1 Pollung yang mengikuti pelajaran menggambar bentuk dengan jumlah
288 peserta didik dan sampelnya yang berjumlah 40 orang yaitu setiap kelas
terdiri dari 5 peserta didik dengan pengambilan sampel menggunakan teknik
Sampling Kuota. Metode penelitian ini menggunakan penelitian correlational
research.
Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi kemampuan
menggambar bentuk dengan metode pembelajaran discovery (P1 ) dengan hasil
belajar menggambar bentuk (P3) untuk DK = n-2 = 38 α =0,05
ternyata (30,20 > 1,684), kemampuan
menggambar bentuk dengan metode pembelajaran discovery (P2 ) dengan hasil
belajar menggambar bentuk (P3) untuk DK = n-2 = 38 α =0,05
ternyata (3,46 > 1,684). Besar hubungan antara
kemampuan menggambar bentuk ( ) ( )dengan hasil belajar menggambar
bentuk (P3) berkorelasi 0,98 dan 0,49, dan besar sumbangan 96 % dan 24 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | hubungan; Metode Discovery; Gambar Bentuk |
Subjects: | N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration > NC390 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 07 Apr 2022 12:09 |
Last Modified: | 07 Apr 2022 12:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45734 |