Sianipar, Rusmin (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN OTENTIK BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126172032 Cover.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. 8126172032 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (519kB) | Preview
3. 8126172032 Abstrak.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. 8126172032 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. 8126172032 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
6. 8126172032 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
7. 8126172032 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
8. 8126172032 Bab I.pdf - Published Version
Download (590kB) | Preview
9. 8126172032 Bab V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
10. 8126172032 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kenyataan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa masih rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut, pada penelitian ini dikembangkan suatu perangkat pembelajaran dan penilaian otentik berbasis model discovery learning yang dapat memampukan siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mereka. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan tujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dan penilaian otentik yang valid dan efektif, beserta seluruh instrumen penelitian yang terkait dengan penerapan perangkat tersebut dalam pembelajaran matematika pada materi perbandingan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran berbasis model discovery learning dengan mengacu model pengembangan Four-D, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat pembelajaran pada 30 siswa SMP Negeri 2 Kualuh Hulu dengan empat kali pertemuan. Rancangan dalam ujicoba menggunakan one group pretest-posttest design. Temuan hasil penelitian yakni: 1) perangkat pembelajaran yang dihasilkan, berupa: rencana pembelajaran, buku siswa, buku guru, lembar aktivitas siswa, tes kemampuan berpikir kreatif, telah memenuhi kriteria baik/valid; 2) keefektifan proses pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran disimpulkan berdasarkan pada: (i) persentase rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa adalah 83,33% dari 30 siswa yang mengikuti tes. (ii) ketercapaian prosentase waktu ideal untuk setiap kategori aktivitas siswa dan guru, (iii) rata-rata nilai kategori kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 3,18, termasuk kategori baik, (iv) respons siswa dan guru terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran adalah positif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sia p |
Keywords: | Perangkat Pembelajaran; Model Discovery Learning; Kemampuan Berpikir Kreatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 09 Jun 2016 05:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4565 |