Simangunsong, Dewi (2022) Pengembangan Buku Nonteks Tumbuhan Penghasil Pestisida Alami Di Kawasan Toba Berbasis Literasi Sains Sebagai Sumber Belajar Biologi Siswa SMA. Masters thesis, UNIMED.
01. NIM 8196174009 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
02. NIM 8196174009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
03. NIM 8196174009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
04. NIM 8196174009 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
05. NIM 8196174009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
06. NIM 8196174009 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
07. NIM 8196174009 LIST IF FIGURES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
08. NIM 8196174009 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
09. NIM 8196174009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
13. NIM 8196174009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
14. NIM 8196174009 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui tingkat kelayakan buku nonteks tumbuhan penghasil pestisida alami berbasis literasi sains di kabupaten Toba menurut para ahli materi; (2) Mengetahui tingkat kelayakan buku nonteks tumbuhan penghasil pestisida alami berbasis literasi sains di kabupaten Toba menurut para ahli strategi/desain pembelajaran; (3) Mengetahui respon guru Biologi terhadap buku non teks tumbuhan penghasil pestisida alami berbasis literasi sains; (4) Mengetahui respon peserta didik terhadap buku non teks tumbuhan penghasil pestisida alami berbasis literasi sains; dan (5) Mengetahui efektivitas buku nonteks tumbuhan yang berpotensi sebagai penghasil pestisida alami dalam meningkatkan literasi sains biologi siswa SMA
Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif. Pengembangan buku nonteks ini dilaksanakan dngan menggunakan model pengembangan Thiagarajan yaitu 4-D (Four-D Models). Instrumen penelitian berupa lembar penilaian validator ahli materi, ahli desain pembelajaran, dan penilaian respon guru Biologi serta respon peserta didik. Hasil penilaian kelayakan isi buku dari ahli materi termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan persentase sebesar 89,76 %. Hasil penilaian kelayakan penyajian buku dari ahli desain pembelajaran termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan persentase sebesar 91%. Hasil penilaian kelayakan penyajian buku dari ahli desain layout mendapatkan persentase sebesar 92,73% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil tanggapan guru Biologi dan peserta didik terhadap buku mendapatkan persentase sebesar 92,08% dan 90,56% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil uji efektivitas buku nonteks tumbuhan pestisida alami berbasis literasi sains termasuk dalam kategori cukup efektif dengan persentase N-gain sebesar 60,7%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.7 Sim p |
Keywords: | Buku nonteks; Pestisida alami; Literasi sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 09:34 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 09:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45593 |