Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Nasrani 5 Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021

Anto, Anju Virgo (2021) Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Nasrani 5 Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 2163311003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2163311003 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2163311003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2163311003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (493kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2163311003 ABSTRCT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2163311003 ABSTRCT.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2163311003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2163311003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2163311003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2163311003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2163311003 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2163311003 TABLES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2163311003 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2163311003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2163311003 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2163311003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 2163311003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 2163311003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2163311003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2163311003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 2163311003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 2163311003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mengidentifikasi unsurunsur
teks berita pada siswa kelas VII SMP Nasrani 5 Medan. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Nasrani 5 Medan tahun pembelajaran
2020/2021 berjumlah 100 siswa. Untuk penelitian tersebut, diambil sample kelas
VIII-C yang berjumlah 37 siswa melalui teknik purposive sampling. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Intrumen penelitian yang digunakan
adalah tes uraian mengidentifikasi unsur 5W+1H dan struktur teks berita pada siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VIII SMP Nasrani 5
Medan dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks berita memperoleh nilai rata-rata
76,35 tergolong dalam kategori baik. Berdasarkan tabel distribusi presentase nilai
kemampuan mengidenifikasi unsur-unsur teks berita pada siswa kelas VIII SMP
Nasrani 5 Medan tahun ajaran 2020/2021 diketahui sebanyak 13 siswa (35,13%)
tergolong dalam kategori sangat baik; tidak ada siswa yang tergolong pada kategori
baik; 6 siswa (16,21%) tergolong dalam kategori cukup; 3 siswa (8,12%) tergolong
dalam kategori kurang dan tidak ada siswa yang tergolong pada kategori sangat
kurang. Melalui penelitian ini diharapkan guru bahasa Indonesia dapat mengetahui
kemampuan siswa terkhususnya dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks berita.
Setelah mengetahui kemampuan siswa maka, guru dapat lebih meningkatkan
efektivitas pembelajajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks berita.
Kata kunci: Kemampuan mengidentifikasi, Unsur-unsur teks berita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan mengidentifikasi; Unsur-unsur teks berita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 25 Feb 2022 00:26
Last Modified: 25 Feb 2022 00:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45540

Actions (login required)

View Item
View Item