Anto, Anju Virgo (2021) Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Nasrani 5 Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2163311003 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 2163311003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
3. NIM 2163311003 ABSTRCT.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM 2163311003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. NIM 2163311003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
6. NIM 2163311003 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM 2163311003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 2163311003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM 2163311003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
13. NIM 2163311003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
14. NIM 2163311003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mengidentifikasi unsurunsur
teks berita pada siswa kelas VII SMP Nasrani 5 Medan. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Nasrani 5 Medan tahun pembelajaran
2020/2021 berjumlah 100 siswa. Untuk penelitian tersebut, diambil sample kelas
VIII-C yang berjumlah 37 siswa melalui teknik purposive sampling. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Intrumen penelitian yang digunakan
adalah tes uraian mengidentifikasi unsur 5W+1H dan struktur teks berita pada siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VIII SMP Nasrani 5
Medan dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks berita memperoleh nilai rata-rata
76,35 tergolong dalam kategori baik. Berdasarkan tabel distribusi presentase nilai
kemampuan mengidenifikasi unsur-unsur teks berita pada siswa kelas VIII SMP
Nasrani 5 Medan tahun ajaran 2020/2021 diketahui sebanyak 13 siswa (35,13%)
tergolong dalam kategori sangat baik; tidak ada siswa yang tergolong pada kategori
baik; 6 siswa (16,21%) tergolong dalam kategori cukup; 3 siswa (8,12%) tergolong
dalam kategori kurang dan tidak ada siswa yang tergolong pada kategori sangat
kurang. Melalui penelitian ini diharapkan guru bahasa Indonesia dapat mengetahui
kemampuan siswa terkhususnya dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks berita.
Setelah mengetahui kemampuan siswa maka, guru dapat lebih meningkatkan
efektivitas pembelajajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks berita.
Kata kunci: Kemampuan mengidentifikasi, Unsur-unsur teks berita.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan mengidentifikasi; Unsur-unsur teks berita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 25 Feb 2022 00:26 |
Last Modified: | 25 Feb 2022 00:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45540 |