Thamimi, Ika Maulida (2015) PENGEMBANGAN MODUL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 MEDAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MNEGGUNAKAN AUTOGRAPH. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (746kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui efektivitas (valid, praktis, efektif) modul yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah menggunakan Autograph, dan (2) Mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa terhadap modul yang dikembangkan melalui model pembelajaran berbasis masalah menggunakan Autograph.Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Modul Siswa (MS), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Panduan Guru (BPG), dan Tes Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa (TKBKMS). Modul dan perangkat pembelajaran lainnya ini dikembangkan menggunakan modifikasi model 3-D Thiagarajan, dkk. Proses pengembangan tersebut terdiri atas tiga tahap, yaitu: pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Modul dan perangkat pembelajaran lainnya dikatakan baik jika setelah divalidasi dan ujicoba, memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan yakni kriteria kevalidan para ahli termasuk kategori sangat valid, kriteria kepraktisan yang ditinjau dari kemampuan guru mengelola pembelajaran minimal cukup baik, respon siswa terhadap pembelajaran positif dengan kategoti baik, serta kriteria keefektifan ditinjau dari hasil belajar siswa memperoleh 80% bahwa siswa tuntas secara klasikal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Rta p |
Keywords: | Development of Modules, Mathematical Student Creative Thinking Ability, Problem Based Learning Model, Autographs. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 02:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4553 |