Febrianti, Ridha (2020) Desain Evaluasi Pembelajaran Tari Sapu Tangan Pesisir Sibolga Berbasis HOTS Melalui Website Mentimeter Bagi Siswa/i Sekolah Menengah Atas (SMA). Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2151141025 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM 2151141025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (821kB) | Preview
3. NIM 2151141025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4. NIM 2151141025 ACKNOELWDEGEMENTS.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM 2151141025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
6. NIM 2151141025 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
7. NIM 2151141025 LIST OF PHOTOS.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
8. NIM 2151141025 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
9. NIM 2151141025 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
10. NIM 2151141025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (556kB) | Preview
14. NIM 2151141025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
15. NIM 2151141025 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan dan menghasilkan desain evaluasi pembelajaran Tari Sapu Tangan Pesisir Sibolga berbasis HOTS melalui Website Mentimeter bagi siswa/i sekolah menengah atas (SMA). Teori-teori yang digunakan dalam topik penelitian yaitu teori desain, evaluasi pembelajaran, HOTS (Higher Order Thinking Skill) dan Website Mentimeter. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dan kualitatif model pengembangan Research and Development (R&D) menurut Sugiyono. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa/i kelas X SMA Swasta Eria Medan. Untuk uji coba produk menggunakan 5 orang siswa/i dan uji pemakaian menggunakan 15 orang siswa/i SMA Swasta Eria Medan. Teknik pengumpulan data kualitatif meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan dan kuantitatif meliputi instrumen penelitian yang menggunakan angket untuk validasi ahli materi, media, uji coba produk, dan uji pemakaian. Penelitian dilaksanakan di SMA Swasta Eria Medan yang dilakukan pada Agustus 2019 hingga Oktober 2019. Penelitian ini memakai skala likert untuk menghitung rata-rata keseluruhan pada analisis data. Hasil penelitian diketahui bahwa ada 8 tahapan dalam mendesain evaluasi pembelajaran Tari Sapu Tangan Pesisir Sibolga berbasis HOTS melalui Website Mentimeter bagi siswa/i sekolah menengah atas (SMA) terdiri dari (1) Potensi dan masalah, (2) Mengumpulkan informasi, (3)Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Perbaikan desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk, dan (8) Uji pemakaian. Pada tahap Validasi desain melibatkan 1 validator ahli materi dan 1 validator ahli media. Desain ini mendapat skor 4,0 dengan kategori baik dari uji validasi ahli materi, skor 4,7 dengan kategori sangat baik dari uji validasi ahli media, skor 4,6 dengan kategori sangat baik dari uji coba produk, dan skor 4,4 dengan kategori sangat baik dari uji pemakaian. Skor tersebut membuktikan bahwa desain evaluasi pembelajaran ini sangat baik dan layak untuk diterapkan, digunakan atau dipakai dalam proses pembelajaran Seni Budaya khususnya bidang Seni Tari Kelas X SMA. Desain evaluasi pembelajaran ini dibuat dalam bentuk soal berbasis HOTS yang dimasukkan ke dalam website Mentimeter serta digunakan dengan jaringan internet.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Desain; Evaluasi; Pembelajaran Tari Sapu Tangan Pesisir Sibolga; HOTS; Website Mentimeter |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 14 Feb 2022 05:07 |
Last Modified: | 14 Feb 2022 05:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45361 |