RITONGA, YUNI PERMATA SARI (2020) PENGEMBANGAN MEDIA MINI BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA PADA SUBTEMA 1 LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SD NEGERI 104206 SEI ROTAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1163311110_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1163311110_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
3. NIM. 1163311110_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4. NIM. 1163311110_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
5. NIM. 1163311110_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
6. NIM. 1163311110_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 1163311110_TABEL GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1163311110_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1163311110_BAB I.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
13. NIM. 1163311110_BAB V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
14. NIM. 1163311110_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah tidak tersedianya media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Guru cenderung menggunakan buku siswa saja di kelas IV SDN 104206 Sei Rotan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan media pembelajaran mini book yang dapat meningkatkan kemampuan bercerita; (2) Mengetahui tingkat kelayakan media mini book pada subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi).
Subjek penelitian ini adalah validator ahli media dan validator ahli materi, tidak menggunakan uji coba lapangan karena belum berakhirnya COVID-19 di Indonesia sesuai dengan kebijakan pemerintah. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara dan angket kepada ahli media dan ahli materi.
Berdasarkan hasil penelitian, media mini book yang dikembangkan telah divalidasi oleh validator ahli media yaitu Ibu Imelda Free Unita Manurung, S.Pd., M.Pd pada tahap I memperoleh hasil presentase kelayakan 84% termasuk dalam kriteria “Sangat Baik” dengan tingkat kelayakan “Sangat Layak” dan pada tahap II memperoleh hasil presentase kelayakan 94,6% termasuk dalam kriteria “Sangat Baik” dengan tingkat kelayakan “Sangat Layak”, sedangkan menurut validator ahli materi yaitu Bapak Faisal, S.Pd., M.Pd pada tahap I memperoleh hasil presentase kelayakan 85,3% termasuk dalam kriteria “Sangat Baik” dengan tingkat kelayakan “Sangat Layak” dan pada tahap II memperoleh hasil presentase kelayakan 93,3% termasuk dalam kriteria “Sangat Baik” dengan tingkat kelayakan “Sangat Layak” berdasarkan hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi maka media mini book layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.
Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa media mini book untuk meningkatkan kemampuan bercerita pada subtema 1 lingkungan tempat tinggalku layak digunakan untuk pembelajaran siswa kelas IV SDN 104206 Sei Rotan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | media mini book, bercerita, kelas IV sekolah dasar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 07 Feb 2022 02:54 |
Last Modified: | 07 Feb 2022 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45356 |