Napitupulu, David (2014) STUDI KEANEKARAGAMAN JAMUR MIKROSKOPIS DI TAMAN HUTAN RAYA KABUPATEN KARO SEBAGAI BUKU AJAR BIOLOGI BERBASIS LOKAL. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106174019 Cover.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. 8106174019 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
3. 8106174019 Abstrak.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4. 8106174019 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. 8106174019 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
6. 8106174019 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. 8106174019 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. 8106174019 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. 8106174019 Bab I.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
10. 8106174019 Bab V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
11. 8106174019 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman jamur makroskopis di Taman Hutan Raya Kabupaten Karo dan mengembangkan buku ajar biologi SMA berbasis lingkungan lokal. Penelitian ini dilakukan di Taman Hutan Raya Bukit Barisan Kabupaten Karo. Pengkoleksian jamur makroskopis dilakukan pada 2 stasiun berdasarkan kondisi curah hujan dan lokasi pertumbuhan jamur. Jamur makroskopis yang ditemukan di Taman Hutan Raya Kabupaten Karo terdiri dari 76 spesies dan 51 genus. Beberapa genus diantaranya adalah Albatrellus, Aleuria, Amanita, Auriscalpium, Camarophyllus, Cantharellus, Clavulina, Collybia, Coltricia, Coprinus, Crepidotus, Dacrymyces, Daldinia, Flammulina, Fomitopsis, Ganoderma, Gomphidius, Hygrocybe, Laccaria, Lacrymaria, Lactarius. Indeks keanekaragaman jamur makroskopis pada stasiun 1 sebesar 2.22165 sedangkan indeks keanekaragaman jamur makroskopis pada stasiun 2 sebesar 1.68582 (kategori sedang). Produk penelitian yang dihasilkan berupa jamur makroskopis dan buku ajar biologi berbasis lokal. Analisis buku ajar biologi melalui 2 dosen ahli sebesar 65% (kelayakan isi), 78% (kelayakan penyajian), 68% (kelayakan kebahasaan); sedangkan penilaian melalui 6 orang guru biologi sma swasta Immanuel Kabanjahe sebesar 87% (kelayakan isi), 82% (kelayakan penyajian), 89% (kelayakan kebahasaan). Sebanyak 30 orang siswa SMA swasta Immanuel Kabanjahe juga dilibatkan untuk validasi buku ajar biologi dimana hasil yang diperoleh cukup baik dan membantu mereka semakin mengenal jamur lebih dekat. Hasil validasi buku ajar biologi bagi siswa memberi pengaruh positif dan informasi baru tentang jamur karena mereka belum pernah membaca buku seperti buku ajar biologi tersebut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 579.607 12 Nap s |
Keywords: | Buku pengayaan; Buku ajar; Jamur makroskopis; Buku teks pelajaran; Taman hutan raya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 11 May 2016 18:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4533 |