Samosir, Hottua (2022) Pengaruh Kepemimpinan, Komitmen Kerja, Etos Kerja, Dan Pengayaan Literasi Digital Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Kabupaten Batubara. Doctoral thesis, UNIMED.
NIM. 8156114019 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
NIM. 8156114019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (556kB) | Preview
NIM. 8156114019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
NIM. 8156114019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
NIM. 8156114019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
NIM. 8156114019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
NIM. 8156114019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
NIM. 8156114019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
NIM. 8156114019 BAB I.pdf - Published Version
Download (893kB) | Preview
NIM. 8156114019 BAB V.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
NIM. 8156114019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (573kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis fixed model teoritik hubungan kausalistik antar variabel kepemimpinan kepala sekolah, komitmen kerja, etos kerja, pengayaan literasi digital, dan kinerja guru. Secara spesifik tujuan penelitian adalah menganalisis: (1) pengaruh langsung kepemimpinan kepala sekolah terhadap pengayaan literasi digital; (2) pengaruh langsung komitmen terhadap pengayaan literasi digital; (3) pengaruh langsung etos kerja terhadap pengayaan literasi; (4) pengaruh langsung kepemimpinan terhadap kinerja guru; (5) pengaruh langsung komitmen terhadap kinerja guru; (6) pengaruh langsung etos kerja terhadap kinerja; (7) pengaruh langsung pengayaan literasi digital terhadap kinerja guru; (8) pengaruh kepemimpinan melalui pengayaan literasi digital terhadap kinerja guru; (9) pengaruh komitmen melalui pengayaan literasi digital terhadap kinerja guru; dan (10) pengaruh etos kerja melalui pengayaan literasi digital terhadap kinerja guru. Penelitian ini dilakukan pada guru-guru SMP Negeri di Kabupaten Batubara, melibatkan 210 orang sebagai sampel yang diambil secara proporsional random. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan khusus kinerja guru dilanjutkan dengan penilaian kepala sekolah. Analisis data menggunakan analisis struktur hingga terbentuk model signifikan yang mempengaruhi kinerja guru. Pengujian 10 hipotesis penelitian dilakukan setelah memenuhi uji persyaratan. Hasil pengujian hipotesis menyatakan terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan semua variabel eksogen yaitu kepemimpinan, komitmen kerja, etos kerja dan pengayaan literasi digital terhadap kepemimpinan sebagai variabel endogen. Demikian juga dengan kepemimpinan, komitmen kerja dan etos kerja yang berpengaruh positif terhadap pengayaan literasi digital. Sedangkan pengaruh tidak langsung kepemimpinan terhadap kinerja guru melalui pengayaan digital tidak signifikan. Hal yang sama juga terjadi pada etos kerja yang tidak signifikan pengaruhnya melalui pengayaan digital terhadap kenerja guru. Namun demikian pengaruh tidak langsung komitmen kerja melalui pengayaan literasi digital terbukti signifikan terhadap kinerja guru. Hasil penelitian menghasilkan model peningkatan kinerja guru melalui variabel-variabel penentunya dinilai efektif melalui kepemimpinan, komitmen danetos kerja. Namun pengayaan literasi digital lebih dominan menentukan kinerja guru meskipun variabel eksodgen ini perlu ditingkatkan melalui kepemimpinan, komitmen dan etos kerja. Temuan penelitian yang mengandung kebaruan adalah pentingnya pengayaan literasi digital pada guru yang dinilai sangat penting sesuai perkembangan teknologi dan kondisi saat ini yang menuntut pembelajaran daring, sehingga literasi digital dominan menentukan kinerja guru SMP di Kabupaten Batubara.