Manurung, Lengsipeng (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMKN 1 LUBUK PAKAM. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116121028 Cover.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
2. 8116121028 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (872kB) | Preview
3. 8116121028 Abstrak.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
4. 8116121028 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
5. 8116121028 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. 8116121028 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
7. 8116121028 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
8. 8116121028 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
9. 8116121028 Bab I.pdf - Published Version
Download (619kB) | Preview
10. 8116121028 Bab V.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
11. 8116121028 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi pembelajaran, Yaitu (1) strategi pembelajaran kooperatif dan strategi pembelajaran ekspositori, (2) Tipe Kepribadian siswa, yaitu Tipe Kepribadian Ekstrovert Dan Tipe Kepribadian Introvert (3) Interaksi antara strategi pembelajaran dan Tipe Kepribadian siswa terhadap Hasil belajar fisika. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Lubuk Pakam pada siswa kelas X semester ganjil tahun akademi 2013/2014. Metode Penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Variabel bebas penelitian ini adalah (1) Strategi pembelajran dan (2) Tipe Kepribadian siswa, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar Fisika. Populasi Penelitian ini adalah siswa kelas X semester ganjil SMKN 1 Lubuk Pakam, sedangkan sampel berjumlh 75 orang. instrumen yang digunakan untuk menggumpulkan data (1) Tes hasil belajar fisika berbentuk tes objektif (r11= 0,86) (2) Tes Tipe Kepribadian yang diadaptasi dari tes yang telah dikembangkan oleh Tambunan. R.N. Teknik analisis data menggunakan ANAVA 2 jalur dan uji lanjut menggunakan teknk Scheffe pada taraf signifikansi α = 0,05. Metode penelitian yang menggunakan quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes yaitu instrumen tes psikomotor,kognitif dan tes kepribadian. Temuan penelitian untuk uji normalitas data diperoleh melalui formula Lilliefors yang menggunakan pembelajaran kontekstual sebesar(0,1418) pada α = 0.05 dan pengajaran ekspositori(0.1476) Untuk ekstrovert(0,1253) dan introvert (0.1338) kemudian untuk Pengujian hipotesis yang menggunakan teknik analisis varians (1) Hasil belajar fifika siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori. Hal ini ditunjukkan oleh FHitung-=4,32 >FTabel=3,41 pada taraf signifikan α=0,05 . (2) siswa yang memiliki Tipe Kepribadian Ekstrovert Memiliki hasil belajar lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki Tipe Kepribadian Introvert , Hal ini ditunjukan oleh FHitung= 64 > FTabel=3,41 pada taraf signifikan α = 0,05, (3) Terdapat Interaksi antara startegi Pembelajaran dan gaya kognitif dalam mempengaruhi hasil belajar fisika siswa, hal ini ditunjukan oleh FHitung=55,75 > FTabel=3,41 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk=1.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.246 Man p |
Keywords: | Pembelajaran ekspositori; Pembelajaran kontekstual; Strategi pembelajaran; Belajar fisika; Ekstrovert; Introvert |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 11 May 2016 18:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4531 |