KHAIRANI, SYAHDILLA (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, DAN SATISFACTION) PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 DI SD NEGERI 020598 BINJAI TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1161111101_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1161111101_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
3. NIM. 1161111101_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 1161111101_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 1161111101_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 1161111101_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1161111101_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 1161111101_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1161111101_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
10. NIM. 1161111101_BAB I.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
14. NIM. 1161111101_BAB V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
15. NIM. 1161111101_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran ARIAS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Ada 4 tahap pada penelitian ini, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data didapat melalui observasi aktivitas siswa, observasi aktivitas guru, dan penilaian tes. Observasi siswa dan observasi guru dijaring menggunakan lembar observasi untuk
mengetahui hasil aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran berlangsung sedangkan penilaian tes dijaring dengan menggunakan soal tes berupa pilihan berganda sebanyak 20 butir untuk mengetahui dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran ARIAS ini berjalan dengan baik karena meningkatkan hasil belajar siswa pada kondisi awal (Pretest) sebelum diterapkannya model pembelajaran ARIAS siswa tuntas sebanyak 8 siswa dengan persentase sebesar 30% . Lalu diterapkanlah model pembelajaran ARIAS dengan melakukan post test pada siklus I siswa tuntas sebanyak 17 siswa dengan persentase sebesar 65.38%, pada post test siklus II siswa tuntas sebanyak 21 siswa dengan persentase sebesar 80.77%. Aktivitas siswa dan aktivitas guru juga mengalami peningkatan. Pada hasil observasi aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 mendapatkan rata-rata 49.64, lalu pada siklus I pertemuan 2 mendapatkan ratarata 60.23, kemudian pada siklus II pertemuan I mendapatkan 77.22, pada siklus II pertemuan 2 mendapatkan rata-rata 86.06. Hasil observasi aktivitas guru juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I pertemuan 1 mendapatkan nilai 62.5, pada pertemuan 2 mendapatkan nilai 74.10. pada siklus II pertemuan 1 mendapatkan nilai 81.25 sedangkan pada siklus II pertemuan 2 meningkat lagi menjadi 91.07.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran ARIAS, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 07 Feb 2022 01:07 |
Last Modified: | 07 Feb 2022 01:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45304 |