Siagian, Hana Daforosa R. (2021) Pengembangan Alat Peraga Indeks Bias Berbantuan Logger Pro di SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176175007 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 8176175007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 8176175007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4. NIM 8176175007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
5. NIM 8176175007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM 8176175007 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM 8176175007 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
8. NIM 8176175007 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM 8176175007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
13. NIM 8176175007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
14. NIM 8176175007 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
Abstract
Pemanfaatan kecanggihan teknologi saat proses pembelajaran sangat penting dalam menganalisis fenomena indeks bias yang bersifat abstrak. Perkembangan teknologi perangkat lunak yang makin pesat, membuat media pembelajaran berupa alat praktikum juga berkembang, yaitu perangkat lunak yang membantu dalam percobaan fisika. Logger Pro merupakan perangkat lunak yang dimanfaatkan sebagai media percobaan fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga indeks bias berbantuan logger pro yang valid, praktis, dan efektif sebagai media pembelajaran fisika. Metode penelitian yang diterapkan adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development), dengan menggunakan tahapan Analyze Design Develop Implement Evaluate (ADDIE). Desain penelitian adalah pre-eksperimental design dengan tipe one-shot case study. Penelitian dilaksanakan di SMAN 11 Medan Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil kevalidan alat peraga berdasarkan ahli media dengan persentase nilai 92,3% dengan kategori sangat valid. Hasil kepraktisan alat peraga berdasarkan respon siswa terhadap alat peraga memperoleh persentase nilai 95,6% dengan kategori sangat praktis. Hasil keefektifan alat peraga berdasarkan hasil ketuntasan belajar klasikal sebesar 89,2% siswa tuntas dan hasil keterlaksanaan pembelajaran sebesar 95,4% dengan kategori berhasil. Berdasarkan hasil analisis data, alat peraga indeks bias berbantuan logger pro dapat digunakan sebagai media pembelajaran fisika yang valid, praktis, dan efektif dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 2 Sia p |
Keywords: | Alat peraga; indeks bias; logger pro |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 03 Feb 2022 02:43 |
Last Modified: | 03 Feb 2022 02:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45276 |