HALAWA, SUNITA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODELLING THE WAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA KELAS V SDN NO. 076439 HILIWA’ELE T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1163311100_COVER.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
2. NIM. 1163311100_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
3. NIM. 1163311100_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4. NIM. 1163311100_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
5. NIM. 1163311100_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6. NIM. 1163311100_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 1163311100_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM. 1163311100_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1163311100_BAB I.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
13. NIM. 1163311100_BAB V.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
14. NIM. 1163311100_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Modelling The Way terhadap hasil belajar tematik siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitas.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN No. 076439 Hiliwa’ele yang berjumlah 39 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah total sampling yakni menggunakan seluruh kelas V SDN NO. 076439 Hiliwa’ele, yang terdiri V-A kelas kontrol berjumlah 19 siswa dan kelas V-B kelas eksperiment berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes objektif dengan jumlah 20 soal yang telah diuji validasi dan reliabilitasnya. Selain itu menggunakan observasi aktivitas siswa. Tes dilakukan sebanyak 2 kali yaitu pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “t”.
Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Modelling The Way lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode ceramah. Dari analisis data diperoleh hasil rata-rata kelas eksperimen pada pretest (39,25) dan posttest (82,5), sedangkan pada kelas kontrol pretest (31,05) dan posttest (63,42). Berdasarkan hasil uji normalitas hasil pretest Lo < Ltabel dimana dengan taraf (α = 0,05) dengan keterangan normal. Hasil homogenitas dengan menggunakan uji F dengan taraf (α = 0,05) didapatkan hasil
pre-test Fhitung < Ftabel dimana 1,32 < 2,20 dengan keterangan homogen, sedangkan pada hasil post-test Fhitung < Ftabel dimana 1,59 < 2,18 dengan keterangan homogen.
Setelah diketahui rata-rata, simpangan baku, serta varians dari masingmasing data kelas, maka didapatkan hasil hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf (α = 0,05) thitung > ttabel yakni 7,235 > 1,686. Dengan ini membuktikan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan adanya hasil tersebut penulis menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Modelling The Way terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SDN No. 076439 Hiliwa’ele T.A 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | model pembelajaran modelling the way, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 07:27 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45254 |