LESTARI, SRI AYU (2020) PENGEMBANGAN MEDIA KINCIR AIR PEMBANGKIT LISTRIK PADA TEMA 9 SUBTEMA 1 KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 060858 MEDAN TEMBUNG T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1161111098_COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 1161111098_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
3. NIM. 1161111098_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM. 1161111098_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM. 1161111098_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1161111098_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1161111098_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1161111098_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1161111098_BAB I.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
13. NIM. 1161111098_BAB V.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
14. NIM. 1161111098_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini berdasarkan fakta di lapangan menunjukkan bahwa media IPA yang ada di sekolah masih terbatas. Dalam proses pembelajaran guru belum menggunakan media yang bervariasi. Guru masih menggunakan media gambar. Media gambar sebagai alat bantu masih memiliki kendala sebab siswa tidak melakukan pengamatan langsung mengenai konsep adanya perubahan energi. Pembelajaran juga masih terkesan monoton, karena guru belum mengembangkan media tiga dimensi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengembangkan media kincir air pembangkit listrik pada tema 9 subtema 1 kekayaan sumber energi di Indonesia di kelas IV SD Negeri 060858 Medan Tembung T.A 2019/2020, (2) Mengetahui kelayakan media kincir air pembangkit listrik pada tema 9 subtema 1 kekayaan sumber energi di Indonesia di kelas IV SD Negeri 060858 medan tembung T.A 2019/2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D). Pengembangan dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu : (1) Potensi dan masalah, (2) Mengumpulkan informasi, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Perbaikan desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk akhir.
Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV B SD Negeri 060858 Medan Tembung dengan jumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan guru dan siswa. Serta menyebarkan angket penilaian untuk ahli media, ahli materi, dan angket respon siswa. Analisis yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif digunakan untuk jenis data wawancara sedangkan data kuantitatif digunakan untuk menganalisis angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kincir air pembangkit listrik dapat dikembangkan dan termasuk pada kategori“sangat baik”. Rata-rata perolehan nilai dari ahli media adalah 4,2 dan ahli materi 4,4 dan media termasuk pada kategori sangat baik
dan layak digunakan. Pada uji coba produk, perolehan nilai rata-rata dari siswa adalah 4,5 dan termasuk pada kategori sangat baik. Maka, berdasarkan data yang diperoleh media kincir air pembangkit listrik layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Media, IPA, Media Kincir Air Pembangkit Listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 03 Feb 2022 03:24 |
Last Modified: | 03 Feb 2022 03:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45247 |