HUTAPEA, SITI NURAINI (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOTA KARTU MISTERIUS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA KELAS V SD NEGERI 060877 MEDAN PERJUANGAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1161111096_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1161111096_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
3. NIM. 1161111096_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4. NIM. 1161111096_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
5. NIM. 1161111096_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
6. NIM. 1161111096_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 1161111096_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
8. NIM. 1161111096_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9. NIM. 1161111096_BAB I.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
13. NIM. 1161111096_BAB V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
14. NIM. 1161111096_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media KOKAMI (Kotak Kartu Misterius) terhadap hasil belajar siswa pada Tema 6 Panas dan Perpindahannya Sub Tema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan di kelas V SD Negeri 060877 Medan Perjuangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen (eksperimental research) dengan desain Quasi Eksperimen Design yang berbentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Total Sampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah instrument tes berupa soal pilihan ganda dan instrument non tes berupa observasi.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media
KOKAMI (Kotak Kartu Misterius) terhadap hasil belajar siswa pada Tema 6 Panas dan Perpindahannya Sub Tema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan di kelas V SD Negeri 060877 Medan Perjuangan. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata posttest antara kedua kelas yaitu dengan perolehan rata-rata kelas eksperimen 81,96 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 70,83. Uji hipotesis pada posttest dengan menggunakan Uji t yang menghasilkan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan signifikansi 5,948>1,999 maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media
KOKAMI (Kotak Kartu Misterius) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema 6 Panas dan Perpindahannya Sub Tema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan di kelas V SD Negeri 060877 Medan Perjuangan. Oleh karena itu guru disarankan untuk menggunakan media KOKAMI (Kotak Kartu Misterius) pada pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kotak Kartu Misterius, Tematik, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 07:28 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 07:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45242 |