DAULAY, RAUDAH AMALIA (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DI KELAS V SD SWASTA SALSA KEC. PERCUT SEI TUAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1153311066_COVER.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
2. NIM. 1153311066_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
3. NIM. 1153311066_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM. 1153311066_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
5. NIM. 1153311066_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
6. NIM. 1153311066_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. NIM. 1153311066_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 1153311066_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1153311066_BAB I.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
14. NIM. 1153311066_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
13. NIM. 1153311066_BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14. NIM. 1153311066_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Swasta Salsa Kec. Percut Sei Tuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining pada mata pelajaran IPA materi “Cahaya dan Sifat-sifatnya” di kelas V SD Swasta Salsa Kec. Percut Sei Tuan T.A 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta Salsa Kec. Percut Sei Tuan di kelas V pada semester ganjil Tahun Ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang yang terdiri dari 8 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dengan menggunakan soal tes berupa pilihan berganda dan observasi, lembar observasi yang digunakan adalah lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Penelitian ini terdiri dari tahap awal (Pre Tes), dan tahap kedua (Post Tes), serta dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pre-tes dari 23 orang siswa diperoleh tingkat ketuntasan sebanyak 0 siswa (0%) dan sebanyak 4 siswa (100%) belum tuntas dengan nilai rata-rata 44,13%. Setelah dilaksanakannya siklus I diperoleh sebanyak 4 siswa (17,40%) mendapat nilai tuntas dan sebanyak 19 (82,60%) belum mendapat nilai tuntas dengan nilai rata-rata nilai 57,27%. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan secara klasikal sebanyak 13 siswa (56,52%) dan sebanyak 10 siswa (43,48%) belum mendapat nilai tuntas dengan
nilai rata-rata 70,65%. Hasil observasi kegiatan mengajar guru diperoleh pada siklus I pertemuan pertama dengan rata-rata nilai sebesar 52,94%(tinggi) dan pada pertemuan ke dua sebesar 70,98%(tinggi) pada siklus II pertemuan pertama dengan rata-rata nilai sebesar 82,35%(sangat tinggi) dan pada pertemuan ke dua sebesar 94,11%(sangat tinggi).
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Cahaya dan Sifat-sifatnya di kelas V SD Swasta Salsa Kec. Percut Sei Tuan T.A 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, Student Facilitator and Explaining |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 05:49 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 05:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45225 |