LOVIANA, NELA (2020) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL TIPE ACTIVE DEBATE (DEBAT AKTIF) PADA TEMA 3 MAKANAN SEHAT DI KELAS V SDN 020584 BINJAI SELATAN T.A. 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1143311039_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1143311039_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
3. NIM. 1143311039_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM. 1143311039_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5. NIM. 1143311039_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6. NIM. 1143311039_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM. 1143311039_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 1143311039_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 1143311039_BAB I.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
13. NIM. 1143311039_BAB V.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
14. NIM. 1143311039_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa kelas V SDN 020584 Binjai Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan pembelajaran model tipe Active Debate (debat aktif) pada tema 3 makanan sehat pada siswa kelas V SDN 020584 Binjai Selatan
T.A. 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan 4 tahapan yang masing-masing siklus menggunakan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 020584 Binjai Selatan. Instrumen penelitian ini
menggunakan lembar observasi dan angket motivasi belajar.
Hasil penelitian menunjukkan pada Pra tindakan dapat diketahui bahwa dari 23 orang siswa terdapat 3 orang (13,04%) yang memiliki motivasi belajar dengan kategori Tinggi dan 3 orang, (13,04%) yang memiliki motivasi belajar dengan kategori Sedang dan 17 orang, (73,92%) yang memiliki motivasi belajar dengan kategori Rendah. Setelah pemberian tindakan pada siklus I
diperoleh motivasi belajar siswa sebanyak 10 orang siswa (43,48%) yang memiliki motivasi belajar dengan kategori Tinggi dan 7 orang siswa (30,44%) yang memiliki motivasi belajar dengan kategori Sedang dan 6 orang siswa (26,08%) yang memiliki motivasi belajar dengan kategori Rendah. Pada siklus 2 diperoleh motivasi belajar siswa sebanyak 12 orang siswa (52,18%) yang memiliki motivasi belajar dengan kategori Sangat Tinggi, 8 orang siswa (34,78%) yang memiliki motivasi belajar dengan kategori Tinggi dan 3 orang siswa (13,04%) yang memiliki motivasi belajar dengan kategori Sedang.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode debat aktif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN 020584 Binjai Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Motivasi Belajar, Model, Tipe Active Debate |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 07:27 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45205 |