PRATIWI, NANDA (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LAGU TERHADAP PENGUASAAN MATERI PADA TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN DI KELAS IV SD NEGERI 101777 SAENTIS TAHUN AJARAN 2019-2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1161111064_COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 1161111064_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
3. NIM. 1161111064_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 1161111064_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
5. NIM. 1161111064_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 1161111064_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1161111064_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1161111064_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1161111064_BAB I.pdf - Published Version
Download (512kB) | Preview
13. NIM. 1161111064_BAB V.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
14. NIM. 1161111064_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam
penguasaan materi pembelajaran IPS masih tergolong relatif rendah disebabkan karena kurangnya model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media lagu terhadap penguasaan materi pembelajaran IPS tema 4 berbagai pekerjaan kelas IV SD Negeri 101777 Saentis tahun ajaran 2019-2020. Penelitian ini merupakan merupakan penelitian pre experimental designs dengan bentuk penelitian one group pretest posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV B SD Negeri 101777 Saentis Tahun Ajaran 2019-2020 yang berjumlah 32 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket berbentuk pernyataan dan tes yang diberikan pada saat awal pembelajaran dan akhir pembelajaran.
Hasil penelitian dari analisa data diketahui bahwa pada pretest (tes awal) 10 dari 30 siswa yang mengikuti test masih terdapat 10 siswa yang belum tuntas dan 20 orang siswa yang tuntas. Nilai siswa menunjukkan rata rata angka 70.50. Jika dianalisis lebih lanjut, 20/30 x 100 % = 67 % . Pada posttest (tes akhir) dapat diketahui dari 30 siswa yang mengikuti tes akhir 100 % tuntas. Artinya terdapat peningkatan 33 % dari ketuntasan belajar . data pada tabel tersebut juga menunjukkan bahwa hasil nilai rata rata siswa 79.16. Pengujian hipotesis diperoleh thitung>ttabel (6,445 2,048). Hasil pengujian dapat diketahui nilai thitung sehingga keputusannya menolak H0. Terdapat perbedaan yang signifikan nilai rata-rata tes penguasaan materi. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media lagu terhadap penguasaan materi pembelajaran IPS berpengaruh terhadap penguasaan materi pada pembelajaran IPS tema 4 berbagai pekerjaan siswa kelas IV SD Negeri 101777 Saentis Tahun Ajaran 2019-2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penguasaan Materi, Pembelajaran IPS, dan Media Lagu. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 01:09 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 01:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45203 |