Harahap, Irfan (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN LOGIS DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMA LAKSAMANA MARTADINATA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Masters thesis, UNIMED.
1. 081188730043 Cover.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
2. 081188730043 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (636kB) | Preview
3. 081188730043 Abstrak.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
4. 081188730043 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
5. 081188730043 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (797kB) | Preview
6. 081188730043 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
7. 081188730043 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
8. 081188730043 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
9. 081188730043 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 081188730043 Bab V.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
11. 081188730043 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang meneliti tentang pendekatan pembelajaran kontekstual dalam upaya meningkatkan kemampuan penalaran logis dan pemecahan masalah matematika siswa yang dilakukan di SMA Laksamana Martadinata Medan dengan sampel kelas XII IPA semester genap tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak tiga kelas yang diambil secara acak yang berjumlah 108 orang. Sampel ini dibagi menjadi dua bagian, yang masing-masing berjumlah 54 orang yakni: sampel pertama dan sampel kedua, selanjutnya disebut kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual dan kelas kontrol menggunakan pendekatan pembelajaran biasa. Kelas Eksperimen memiliki 7 orang siswa dengan kemampuan matematika tinggi, 39 orang siswa dengan kemampuan sedang serta 8 orang siswa yang lain dengan kemampuan matematika rendah. Kelas Kontrol memiliki 5 orang siswa dengan kemampuan matematika tinggi, 41 orang siswa dengan kemampuan sedang serta 8 orang siswa yang lain dengan kemampuan matematika rendah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran logis matematika, dan kemampuan pemecahan masalah matematika serta proses belajar siswa. Penelitian ini difokuskan pada penguasaan konsep, proses belajar siswa terhadap pendekatan pembelajaran kontekstual dan pendekatan pembelajaran biasa dalam rangka meningkatkan kemampuan penalaran logis dan pemecahan masalah matematika siswa. Setelah dilakukan pembelajaran pada kelas eksperimen dan di kelas kontrol selama delapan kali pertemuan, dilanjutkan dengan pengumpulan data. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah tes matematika untuk kemampuan penalaran logis dan tes matematika untuk kemampuan pemecahan matematika siswa yang masing-masing empat soal tes bentuk uraian dan lembar observasi siswa dan guru untuk mengetahui proses siswa dan guru di kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Pengolahan data menggunakan uji gain ternormalisasi, melihat perbedaannya dengan menggunakan uji-t dan Mann Withney. Hasil uji perbedaan dua rata-rata gain keseluruhan aspek indikator kemampuan penalaran logis dan pemecahan masalah diperoleh bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran logis dan pemecahan masalah siswa yang mengikuti pembelajaran matematika melalui pendekatan kontekstual dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Menurut hasil analisis ini proses belajar terdapat perbedaan proses jawaban siswa yang mengikuti pembelajaran matematika melalui pendekatan kontekstual dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Berdasarkan hasil penelitian ini, pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual dapat diterapkan pada kegiatan pembelajaran matematika, dengan demikian pendekatan pembelajaran kontekstual dapat dijadikan solusi dan alternatif pilihan guru dalam upaya meningkatkan kemampuan penalaran logis dan pemecahan masalah matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Har p |
Keywords: | Penalaran; Pembelajaran kontekstual; Pemecahan masalah; Proses jawaban; Strategi pembelajaran; Pembelajaran matematika; Pembelajaran biasa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 11 May 2016 16:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4519 |