PAKPAHAN, JULIANI (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS-HEURISTIK) PADA TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI KELAS V SD NEGERI 101765 BANDAR SETIA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1.NIM. 1161111043 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2.NIM. 1161111043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
3. NIM 1161111043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
4. NIM 1161111043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
5. NIM 1161111043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. NIM 1161111043 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
7. NIM 1161111043 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM 1161111043 LIST ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9. NIM 1161111043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
13. NIM 1161111043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
14.NIM 1161111043 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema peristiwa dalam kehidupan dengan menggunakan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik).
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101765 Bandar Setia kelas V pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 25 siswa. terdiri dari 11 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah tes berupa soal pilihan berganda dan observasi, lembar observasi yang digunakan adalah lembar observasi guru (peneliti) dan siswa. Penelitian ini terdiri
dari tahap awal (Pre test) dan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masingmasing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perancanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa pada saat pre test dari 25 siswa diperoleh tingkat ketuntasan sebanyak 3 siswa (12%) dengan nilai rata-rata 40,2 dan sebanyak 22 siswa (88%) belum tuntas. Pada siklus I sebanyak 14 siswa (56%) mendapat nilai tuntas dengan nilai rata-rata 64,4, dan sebanyak 11 siswa (44%) belum mendapat nilai tuntas. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan sebanyak 22 siswa (88%) dengan nilai rata-rata 80 dan sebanyak 3 siswa (12%) belum tuntas hasil observasi guru dalam mengajar juga mengalami peningkatan
dalam setiap pertemuan, saat siklus I pertemuan 1 diperoleh nilai 80,26 (baik), pertemuan 2 diperoleh nilai 86,84(baik) dan saat siklus II pertemuan 1 diperoleh nilai 92,1 (sangat baik), pertemuan 2 diperoleh nilai 96,05 (sangat baik). Demikian juga hasil observasi siswa pada siklus I hanya memperoleh nilai
persentase rata-rata 74,7% (cukup baik) dan meningkat setelah diadakan siklus II menjadi 80,6% (baik).
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pembelajaran tematik kelas V SD Negeri 101765 Bandar Setia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar Siswa, Logan Avenue Problem Solving (LAPSHeuristik), Pembelajaran. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 08:49 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 08:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45137 |