PUTRI, ISTIHSAANA (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POCKET CARD MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MEMBACA MENULIS PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 028226 BINJAI TIMUR TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1161111042_COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 1161111042_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
3. NIM. 1161111042_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 1161111042_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. NIM. 1161111042_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
6. NIM. 1161111042_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7. NIM. 1161111042_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1161111042_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
9. NIM. 1161111042_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
10. NIM. 1161111042_BAB I.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
14. NIM. 1161111042_BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
15. NIM. 1161111042_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena dilatarbelakangi keadaan siswa kelas II SD Negeri 028226 Binjai Timur tergolong rendah dalam keterampilan membaca menulis permulaan. Terdapat beberapa siswa yang masih mengeja dalam membaca dengan mengucapkan setiap suku katanya, dan terdapat siswa kurang lengkap dalam menulis ejaan kata. Hal ini yang menyebabkan siswa mempunyai keterampilan membaca menulis permulaan yang tergolong rendah. Siswa kelas II
ini juga masih mengalami kesulitan untuk membedakan bentuk huruf yang hampir mirip, sehingga dengan adanya penelitian ini siswa akan mendapatkan keterampilan membaca menulis permulaan melalui menyusun kalimat sesuai tema yang ditentukan dan keterampilan menulis dari kalimat yang telah disusun.
Penelitian yang akan dikembangkan adalah media pembelajaran pocket card pada pembelajaran Bahasa Indonesia untuk kemampuan membaca menulis permulaan siswa di kelas II SD Negeri 028226 Binjai Timur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian dan pengembangan atau yang disebut R&D. Metode penelitian ini merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji kevalidan produk yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan merupakan proses/metode yang digunakan untuk memvalidasi dan mengembangkan produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data atau informasi, desain produk, dan validasi desain.
Berdasakan hasil penelitian kelayakan media pocket card terhadap indikator kemampuan membaca menulis permulaan menunjukan bahwa hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu, validasi media memperoleh rata-rata skor 83% berdasarkan setiap aspek (tampilan, kegrafikan, dan bahasa) yang dinyatakan sangat layak, validasi media memperoleh rata-rata skor 90% berdasarkan setiap aspek (tampilan, materi dan bahasa) yang dinyatakan sangat layak dan validasi desain memperoleh rata-rata skor 87,3% berdasarkan aspek tampilan yang dinyatakan sangat layak. Kesimpulan dari hasil penelitian ini
mengatakan bahwasanya media pembelajaran pocket card layak digunakan pada siswa kelas II SD Negeri 028226 Binjai Timur pada keterampilan membaca menulis permulaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bahasa Indonesia, keterampilan, kesulitan, membaca menulis permulaan, menyusun |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 31 Jan 2022 02:03 |
Last Modified: | 31 Jan 2022 02:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45135 |