Siahaan, Yoel Christian Aldy (2021) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang tua terhadap Prestasi Belajar Pada Pembelajaran Daring Siswa Kelas Vi Sd N 11 Huta Bolon Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173111108_COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
3. NIM. 1173111108_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4. NIM. 1173111108_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
5. NIM. 1173111108_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 1173111108_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1173111108_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1173111108_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1173111108_BAB I.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
13. NIM. 1173111108_BAB V.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
2. NIM. 1173111108_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
14. NIM. 1173111108_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian korelasional menggunakan metode kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas VI di SD Negeri 11 Hutabolon tahun ajaran 2020/2021. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VI berjumlah 30 siswa, Sampel yang diteliti sebanyak 30 siswa dengan menggunakan teknik Total Sampling. Instrumen yang digunakan untuk variabel Status Sosial Ekonomi Orang tua (X) adalah Angket tertutup dengan skala likert dan untuk variabel prestasi belajar (Y) adalah menggunakan nilai hasil belajar UAS semester genap. Perhitungan hasil penelitian data dilakukan dengan bantuan SPSS dan Exel. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diketahui bahwa Status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar pada pembelajaran daring siswa kelas VI SD N 11 Hutabolon tahun ajaran 2020/2021 dibuktikan perhitungan statistik dengan rata-rata variabel (X) 79,1 dan variabel (Y) 70,6. uji regresi linear sederhana diperoleh Ŷ = a + bX = 50.055 + 0.408, maka nilai a sebesar 50.055 yang berarti data tersebut linier terhadap variabel Status sosial ekonomi orang tua (X). dari pengujian menggunakan uji T diperolah bahwa nilai sig. status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap Prestasi belajar siswa 0.001 < 0.05 dan nilai Thitung 3.982 > Ttabel nilai 2.074 maka Ho ditolak dan Ha diterima. artinya terdapat pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas VI SD Negeri 11 Huta Bolon Tahun Ajaran 2020/2021 secara signifikan yang tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-260 |
Keywords: | Status Sosial Ekonomi Orang Tua; Hakikat Belajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC189 Educational sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 07:13 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 07:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45122 |