Sari, Widya (2021) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Siswa Kelas III SD Negeri 014638 Sei Nangka Kab. Asahan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173311142_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1173311142_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
3. NIM. 1173311142_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4. NIM. 1173311142_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
5. NIM. 1173311142_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
6. NIM. 1173311142_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 1173311142_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1173311142_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 1173311142_BAB I.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
13. NIM. 1173311142_BAB V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
14. NIM. 1173311142_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model Borg and Gall. Berikut langkah yang ditempuh pada penelitian ini 1) penelitian dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3)pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi hasil uji coba, 6) uji coba lapangan utama, 7) revisi produk, 8) uji lapangan operasional, 9) revisi produk akhir, 10) desiminasi dan implementasi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan bahan ajar berbasis multimedia interaktif, 2) mengetahui kelayakan bahan ajar berbasis multimedia interaktif, 3) Mengetahui keefektifan bahan ajar berbasis multimedia interaktif pada tema 5 Cuaca, subtema, 1 Keadaan Cuaca, pembelajaran 1 di kelas III SD Negeri 014638 Sei Nangka Kab. Asahan T.A 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan, hasil penilaian oleh ahli media dengan kriteria “sangat layak” dengan persentase (93%), hasil penilaian ahli materi dengan kriteria “sangat layak” dengan persentase (92,8%), hasil penilaian guru dengan kriteria “sangat layak” dengan persentase (90%), dan uji lapangan operasional dengan 15 siswa kelas III SD Negeri 013648 Sei Nangka Kab. Asahan “sangat layak” dengan persentase (91,2%). Tahap keefektifan dengan cara Pretest dan Posttest yang menjadi alat untuk mengukur keefektifan sebelum dan seseudah menggunakan bahan ajar. Hasil Pretest siswa dengan kriteria “kurang efektif” dengan persentase (20%) dan hasil Posttest dengan kriteria “sangat layak” dengan persentase (100%). Kesimpulan pada penelitian ini, dengan menggunakan bahan ajar multimedia interaktif pada kelas III SD Negeri 013648 Sei Nangka Kab. Asahan dinyatakan layak dan efektif digunakan pada kegiatan belajar mengajar di kelas. Bahan ajar dinyatakan layak berdasarkan validasi ahli materi, ahli media, guru dan siswa sebagai pengguna nya. Bahan ajar dinyatakan efektif berdasarkan hasil pretest dan posttest siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-187 |
Keywords: | Bahan Ajar; Miltimedia Interaktif; Microsoft Power Point 2016; Tematik; Kajian Materi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 07:04 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 07:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45120 |