Tania, Weni (2021) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Adobe Flash Materi Gaya dan Gerak Di Kelas IV SD Negeri 067256 Medan T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173311139_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1173311139_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
3. NIM. 1173311139_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 1173311139_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
5. NIM. 1173311139_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. NIM. 1173311139_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1173311139_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1173311139_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1173311139_BAB I.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
13. NIM. 1173311139_BAB V.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
14. NIM. 1173311139_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, keefektifan dan praktikalitas Bahan Ajar IPA Materi Gaya dan Gerak Berbasis Adobe Flash Di Kelas IV SD Negeri 067256 Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Reasearch and Devloment) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Langkah yang ditempuh dalam penelitian pengembangan ini yaitu : 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Desain), 3) Develop (Pengembangan), 4) Implement (Implementasi), 5) Evaluate (Evaluasi). Berdasarkan hasil observasi awal di kelas IV dengan nilai KKM 70 masih banyak siswa yang belum tuntas. Hasil belajar pada penilaian tengah semester mata pelajaran IPA menunjukkan bahwa 12 dari 30 peserta didik masih belum ada peningkatan dan 5 dari 30 peserta didik belum tuntas. Oleh karena itu peneliti merasa perlu melakukan pengembangan bahan ajar pada materi Gaya dan Gerak Buku Tema pada siswa kelas IV SD Negeri 067256 Medan T.P 2020/2021 berupa mengembangkan suatu produk dengan menggunakan aplikasi adobe flash. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penilaian ahli media mendapatkan kriteria nilai “Sangat Layak” dengan presentase (96%), hasil penilaian ahli materi mendapatkan kriteria nilai “Sangat Layak” dengan presentase (95%), hasil penilaian guru mendapatkan kriteria “Sangat Baik” dengan presentase (98%) , uji pelaksanaan lapangan dengan 12 siswa kelas IV SD Negeri 067256 Medan “Sangat Efektif” dengan presentase (90%), dan hasil penilaian angket respon siswa mendapatkan kriteria “Sangat Baik” dengan presentase (93%). Tahap hasil keefektifan bahan ajar ini dilakukan dengan cara tes berupa pretest dan posttest yang dapat mengukur keefektifan bahan ajar sebelum dan sesudah penggunaan bahan ajar. Hasil dari pretest dengan kriteria “Kurang Efektif” dengan presentase (61%) dan nilai posttest dengan kriteria “efektif” dengan presentase (90%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-188 |
Keywords: | Penelitian Pengembangan; Bahan Ajar; Adobe Flash Versi Cs6; Ilmu Pengetahuan Alam; Gaya dan Gerak |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 07:00 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 07:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45118 |