Yuliyati, Asmita (2020) Pengembangan Media Puzzle pada Pembelajaran Teks Deskripsi untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 27 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 215111002 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 2151111002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (901kB) | Preview
3. NIM. 215111002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
4. NIM. 2151111002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
5. NIM. 215111002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
6. NIM. 2151111002 TABLES.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
7. NIM. 2151111002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
8. NIM. 2151111002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
9. NIM. 2151111002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (603kB) | Preview
13. NIM. 2151111002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
14. NIM. 2151111002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media puzzle pada pembelajaran teks deskripsi dan mengetahui kelayakan media puzzle pada pembelajaran teks deskripsi untuk siswa kelas VII SMP Negeri 27 Medan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg & Gall yaitu enam tahap model pengembangan yang terdiri dari a)analisis potensi dan masalah, b) pengumpulan data, c) desain produk, d) validasi desain, e) revisi desain dan f) ujicoba produk. Penilaian produk didasarkan kualitas media, kualitas materi, respon guru mata pelajaran bahasa Indonesia, serta respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) prosedur pengembangan media puzzle menggunakan aplikasi Adobe Photoshop CS6 dalam pembuatan produk puzzle. (2) Hasil validasi ahli desain media menunjukkan bahwa media dinyatakan layak dengan pemerolehan presentase rata-rata 81,11% dengan kriteria “sangat baik”. Selanjutnya hasil validasi ahli materi dinyatakan layak dengan pemerolehan presentase rata-rata 89,25% dengan kriteria “sangat baik”. Penilaian guru mata pelajaran bahasa Indonesia SMP Negeri 27 Medan memperoleh persentase sebesar 88,33% dengan kategori “sangat baik”. Hasil ujicoba kelompok kecil memperoleh nilai rata-rata 88,75% dengan kriteria “sangat baik”, selanjutnya hasil uji coba kelompok besar memperoleh nilai rata-rata 92,64% dengan kriteria “sangat baik”. Rerata dari keempat persentase penilaian tersebut ialah sebesar 87,34%yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Hasil presentase tersebut menunjukkan bahwa media puzzle tersebut layak digunakan sebagai media pembelajaran pada teks deskripsi untuk siswa kelas VII.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | media pembelajaran; puzzle; teks deskripsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 04 Feb 2022 16:23 |
Last Modified: | 04 Feb 2022 16:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45111 |