SINURAT, GESTINA HARTINI (2020) HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SDN 101964 JAHARUN A KECAMATAN GALANG T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1161111033_COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 1161111033_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
3. NIM. 1161111033_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
4. NIM. 1161111033_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
5. NIM. 1161111033_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 1161111033_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1161111033_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1161111033_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1161111033_BAB I.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
13. NIM. 1161111033_BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM. 1161111033_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa Kelas V SDN 101964 Jaharun A Kecamatan Galang T.A 2020/2021.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VB SD Negeri 101964 Jaharun A Kecamatan Galang tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan
sampel adalah total sampling yaitu pemilihan sampel dimana seluruh populasi dipilih sebagai sampel. Teknik pengumpulan data lingkungan sekolah (X) dan minat belajar (Y) menggunakan angket skala gutmann. Dan analisis statistik dengan menggunakan product moment dengan uji t.
Berdasarkan analisis deskriptif data lingkungan sekolah yang dilakukan termasuk sedang dengan skor rata-rata sebesar 19,84. Sedangkan minat belajar siswa kelas V SDN 101964 Jaharun A Kecamatan Galang termasuk kategori sedang dengan skor rata-rata 30,09. Hasil perhitungan korelasi diperoleh nilai rhitung = 0,689 > rtabel = 0,349 (α = 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa kedua variabel tersebut terdapat korelasi dengan arah positif.
Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 7,167 sedangkan ttabel yang diperoleh dari daftar kritis pada tabel t terhadap alpha 0,05 sebesar 2,042 artinya thitung > ttabel yaitu 7,167 > 2,042. Dalam hal ini berarti hipotesis yang berbunyi “Terdapat hubungan positif yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa kelas V SDN 101964 Jaharun A Kecamatan Galang T.A 2020/2021 terbukti kebenarannya dan dapat diterima”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Lingkungan Sekolah, Minat Belajar, Sarana dan Prasarana |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3201 School architecture and equipment. School physical facilities. Campus planning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 01:04 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 01:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45102 |