ANGGRAINI, DWI PUTRI (2020) PENGARUH MEDIA PERMAINAN PASIRPIMATIKA PADA MATERI PERKALIAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SD NEGERI 112298 AEK KANOPAN TIMUR LABUHANBATU UTARA T.A. 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1163111022_COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM. 1163111022_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
3. NIM. 1163111022_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4. NIM. 1163111022_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
5. NIM. 1163111022_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 1163111022_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 1163111022_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1163111022_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1163111022_BAB I.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
13. NIM. 1163111022_BAB V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
14. NIM. 1163111022_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi perkalian. Disamping itu pula pembelajaran yang dilakukan guru di kelas kurang bervariatif yang mengakibatkan beberapa siswa merasa bosan dan jenuh atas pembelajaran yang telah diberikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh
media permainan pasirpimatika pada materi perkalian terhadap hasil belajar siswa pada materi perkalian kelas II SD Negeri 112298 Aek Kanopan Timur Labuhanbatu Utara T.A. 2019/2020.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Jenis penelitian pre experimental design dengan bentuk penelitian one group pretest postest design.Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II SD Negeri 112298 Aek Kanopan Timur Labuhanbatu Utara dengan jumlah populasi sebanyak 23 peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 23 siswa. Dikarenakan dalam penelitian ini hanya menggunakan satu kelas yaitu kelas II. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pengujian homogenitas data pretest dan posttest nilai yang diperoleh sebesar 1,99 dengan Ftabel sebesar 2,05. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan menggunakan uji t didapat bahwa thitung = 13,58, dengan dk = 22 pada taraf signifikansi α = 0,05 maka dari tabel distribusi t didapat ttabel = 2,07 dimana thitung> ttable yaitu 13,58 > 2,07. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan media permainan pasirpimatika. Dari hasil penelitian juga didapatkan rata-rata pretest adalah 39,3 dan nilai rata-rata posttest adalah 79,6. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwasanya penggunaan media permainan pasirpimatika pada materi perkalian berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas II di SD 112298 Aek Kanopan Timur tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar Siswa, Materi Perkalian, Media Permainan Pasirpimatika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 04:40 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45094 |