Didik, Sri Ayu Tri (2021) Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 057201 Kec. Binjai Kab. Langkat T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173111094_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1173111094_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
3. NIM. 1173111094_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
4. NIM. 1173111094_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
5. NIM. 1173111094_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 1173111094_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1173111094_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1173111094_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1173111094_BAB I.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
13. NIM. 1173111094_BAB V.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
14. NIM. 1173111094_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan siswa kelas IV SD Negeri 057201 Kec. Binjai Kab. Langkat T.A 2020/2021, untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 057201 Kec. Binjai Kab. Langkat T.A 2020/2021, untuk mengetahui hubungan kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 057201 Kec. Binjai Kab. Langkat T.A 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang terdiri dari IVA dan IVB SD Negeri 057201 Kec. Binjai Kab. Langkat T.A 2020/2021 yang berjumlah sebanyak 41 siswa, dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh , dikarenakan populasi terbilang kecil maka peneliti mengambil semua populasi dalam penelitian ini untuk dijadikan sampel. Instrument yang digunakan untuk variabel Kedisiplinan (X) yaitu berupa angket tertutup dengan skala likert dan untukvariabel Hasil Belajar Daring (Y) yaitu berupa hasil nilai UAS Semester Ganjil T.A 2020/2021. Tenik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik analaisiss data deskriptif yakni menggunakan tabel distribusi frekuensi untuk memperoleh nilai rata-rata dan analisis statistik menggunakan rumus Product Moment dari Pearson dan uji-t yang dilakukan dengan perhitungan manual dengan bantuan Microsoft Ecxel 2007. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diketahui bahwa Kedisiplinan (X) termasuk kedalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 44,170. Hasil Belajar Daring (Y) pada lima mata pelajaran pokok yatu PKn, B. Indonesia, Matematika, IPA, dan IPS, termasuk kedalam kategori sedang, dapat dinyatakan terdapat korelasi jika f_hitung > f_tabel, dimana N = 41 maka f_tabel= 0,308, pada mata pelajaran PKn sebesar 0,310, B. Indonesia sebesar 0,327, Matematika sebesar 0,332, IPA sebesar 0,356, IPS sebesar 0,310. Hasil penelitian : (1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kedisiplinan terhadap hasil belajar daring. (2) peranan variabel kedisiplinan terhadap hasil belajar daring pada mata pelajara PKn sebesar 9%, B. Indonesia sebesar 10,6%, Matematika sebesar 11%, IPA sebesar 12,67%, IPS sebesar 9,61%. Simpulan penelitian ini yaitu terdapat hubungan positif yang signifikan antara kedisiplinan dengan hasil belajar daring siswa kelas IV SD Negeri 057201 Kec. Binjai Kab. Langkat T.A 2020/2021. Seluruh pihak baik guru ataupun orang tua sebaiknya untuk selalu memperhatikan dan meningkatkan kedisiplinan siswa sehingga siswa akan lebih mudah dalam mencapai hasil belajar yang optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-198 |
Keywords: | Hasil Belajar; Kedisiplinan Belajar; Pembelajaran Daring |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC37 Home education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 02:14 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 02:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45088 |