Surbakti, Sinta Adelina (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas IV SD Swasta IIIS Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173111089 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM. 1173111089 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (607kB) | Preview
3. NIM. 1173111089 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
4. NIM. 1173111089 PREFACE.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
5. NIM. 1173111089 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 1173111089 TABLE.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. NIM 1173111089 PICTURE.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 1173111089 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM 1173111089 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
13. NIM. 1173111089 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
14. NIM 1173111089 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan yaitu media yang digunakan guru bersifat konvensional sehingga lebih banyak berceramah dan guru belum pernah membuat media pembelajaran tematik yang memanfaatkan teknologi dalam pembuatan media seperti menggunakan media interaktif. Selain itu peserta didik merasa bosan dalam mengikuti pelajaran yang disampaikan karena media yang digunakan kurang bervariasi. Untuk mengatasi permasalahan yang ada maka peneliti mencoba mengatasi dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3; (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3 dan (3) Mengetahui keefektifan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yakni Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation.
Hasil dari penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa (1) Proses penelitian pengembangan yang melalui beberapa tahap telah berhasil dikembangkan; (2) Media yang dikembangkan sudah layak digunakan hal ini didasarkan dari hasil validasi oleh ahli media yang memperoleh persentase sebesar 93% dengan kategori sangat layak, ahli materi sebesar 91% dengan kategori sangat layak, dari guru sebesar 92% dengan kategori sangat layak, kemudian pada uji coba perorangan peserta didik sebesar 96,26%, serta uji coba kelompok kecil sebesar 91,65%; (3) Media yang dikembangkan sudah efektif untuk digunakan dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik yang mencapai rata-rata 85,76 yang masuk ke dalam kategori baik. Berdasarkan penilaian diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Articulate Storyline tema 8 subtema 1 pembelajaran telah berhasil dikembangkan, layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-219 |
Keywords: | Media Pembelajaran; Multimedia Pembelajaran; Articulate Storyline |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 01:58 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 01:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45084 |