Hane, Serli Sintia (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Papan Stik dengan Pendekatan Saintifik Pada Operasi Hitung Perkalian di Kelas II SD Negeri 104209 Saentis T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1163111074_COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 1163111074_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
3. NIM. 1163111074_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4. NIM. 1163111074_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
5. NIM. 1163111074_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. NIM. 1163111074_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1163111074_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1163111074_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1163111074_BAB I.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
13. NIM. 1163111074_BAB V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
14. NIM. 1163111074_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang ditemukan di kelas II SD Negeri 104209 Saentis yaitu sebagian siswa masih menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang rumit. Selain itu kurang bervariasinya penggunaan media pembelajaran perkalian pada saat proses pembelajaran berlangsung, menyebabkan sebagian siswa menjadi kurang paham tentang konsep perkalian. Penelitian ini bertujuan: 1.) Untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran papan stik dengan pendekatan saintifik pada materi operasi hitung perkalian siswa kelas II SD Negeri 104209 Saentis T.A 2020/2021. 2.) Untuk mengetahui kepraktisan penggunaan media pembelajaran papan stik dengan pendekatan saintifik pada materi operasi hitung perkalian siswa kelas II SD Negeri 104209 Saentis T.A 2020/2021. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Pengembangan (Research and Development/ R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap, yaitu: Analize, Design, Developmet, Implemention, dan Evaluation. Namun karena adanya pandemic COVID-19 tahap pengembangan hanya dapat dilakukan sampai tahap Developmet yaitu tahap validasi ahli. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IIB SD Negeri 104209 Saentis berjumlah 27 orang siswa yang terdiri dari 18 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Hasil penelitian yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menghasilkan produk pengembangan berupa media papan stik yang digunakan untuk menghitung materi perkalian dan buku panduan media. Hasil penelitian dan pengembangan media papan stik menunjukkan bahwa hasil penilaian ahli materi memperoleh kategori “Sangat Layak” dengan persentase 92,5%, hasil penilaian ahli media memperoleh kategori “Sangat Layak” dengan persentase 95%, dan hasil penilaian praktisi pendidikan memperoleh kategori “Sangat Layak” dengan persentase 94,66%. Berdasarkan hasil analisis data secara keseluruhan, maka diperoleh nilai rata-rata 94,05% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hal ini membuktikan bahwa pengembangan media papan stik dengan pendekatan saintifik pada operasi hitung perkalian di kelas II SD Negeri 104209 Saentis hasilnya sangat layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-263 |
Keywords: | Media Pembelajaran; Media Papan Stik; Operasi Hitung Perkalian; Pendekatan Saintifik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 01:47 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 01:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45080 |