Rafizal, Reza (2021) Persepsi Guru Tentang Media Quiz Berbasis Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Di SD Gugus 5 Kecamatan Bilah Hulu T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1172111053_COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 1172111053_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
3. NIM. 1172111053_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4. NIM. 1172111053_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. NIM. 1172111053_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 1172111053_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1172111053_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 1172111053_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1172111053_BAB I.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
13. NIM. 1172111053_BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM. 1172111053_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi guru tentang media quiz berbasis multimedia interaktif pada pembelajaran tematik di SD gugus 5 Kecamatan Bilah Hulu T.A 2020/2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru tentang media quiz pada pembelajaran tematik di SD Gugus 5 Kecamatan Bilah Hulu T.A 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, yang menjadi sampel penelitian ini adalah seluruh guru di SD Gugus 5 Kecamatan Bilah Hulu dengan sampel penelitian berjumlah 40 guru yang diambil dengan menggunakan sensus/total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket, dan juga dokumentasi. Validasi angket diperoleh dari dua orang dosen Fakultas Ilmu Pendidikan.
Hasil penelitian menunjukkan persepsi guru tentang media quiz berbasis multimedia interaktif pada pembelajaran tematik di SD Gugus 5 Kecamatan Bilah Hulu tergolong “Baik” dengan rincian skor rata-rata (mean) akhir dari jumlah keseluruhan data angket diperoleh 4,2. Persentase alternatif jawaban tiap-tiap indikator kognitif diperoleh rata-rata 38,5% sangat setuju dengan kategori predikat “rendah”, jawaban setuju sebesar 49,5% dengan kategori predikat “sedang”, jawaban ragu-ragu 9% dengan kategori predikat “sangat rendah”, tidak setuju 3% dengan kategori predikat “sangat rendah”, sedangkan jawaban sangat tidak setuju 0%. Pada indikator afektif diperoleh rata-rata jawaban sangat setuju 29,5% dengan kategori predikat “rendah”, jawaban setuju 62,50% dengan kategori predikat “tinggi”, jawaban ragu-ragu 6,75% dengan kategori predikat “sangat rendah”, jawaban tidak setuju 11% dengan kategori predikat “sangat rendah” , dan sangat tidak setuju 0%. Kemudian, Pada indikator konatif diperoleh rata-rata jawaban sangat setuju 34,75% dengan kategori predikat “rendah”, jawaban setuju 60% dengan kategori predikat “sedang”, jawaban ragu-ragu 4,25% dengan kategori predikat “sangat rendah”, dan 1% jawaban tidak setuju dengan kategori predikat “sangat rendah”, sedangkan yang memilih sangat tidak setuju sebesar 0%. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa hipotesis guru memiliki persepsi yang baik tentang media quiz berbasis multimedia interaktif di SD Gugus 5 Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu T.A 2020/2021 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-192 |
Keywords: | Pembelajaran Tematik; Guru; Media Pembelajaran; Multimedia Interaktif; Hakikat Persepsi; Media Quiz |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 08:04 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 08:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45069 |