Aritonang, Reni Fornita (2021) Pengembangan Media Berbasis Multimedia Dengan Menggunakan Adobe Flash Pada Tema Ekosistem Di Kelas V SD Negeri 122350 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.1173111080 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. NIM.1173111080 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
3. NIM.1173111080 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
4. NIM.1173111080 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
5. NIM.1173111080 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM.1173111080 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM.1173111080 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM.1173111080 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
9. NIM.1173111080 BAB I.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
13. NIM.1173111080 BAB V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
14. NIM.1173111080 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu bagaimana kelayakan, praktikalitas, dan efektivitas media berbasis multimedia dengan menggunakan Adobe Flash pada Tema Ekosistem Subtema Keseimbangan Ekosistem Pembelajaran 1 di Kelas V SD Ngeri 122350 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, serta keefektifan media berbasis multimedia dengan menggunakan Adobe Flash pada Tema Ekosistem Subtema Keseimbangan Ekosistem Pembelajaran 1 di Kelas V SD Ngeri 122350 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan(Research and Development) dengan model 4D yang terdiri atas tahap Define (pendefenisian), Design (perancangan), Development (pengembangan), dan Dissemination (penyebaran). Subjek pada penelitian ini yaitu siswa Kelas V SD Negeri No. 122350 Kota Pematangsiantar. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, kuesioner, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil akhir validasi media oleh validator ahli media dan ahli materi masing-masing 96,25% dan 90% dengan perolehan skor masing-masing adalah 77 dan 72 yang tergolong kategori sangat valid. Hasil praktikalitas penggunaan media diukur dengan angket respon guru dan respon siswa dengan perolehan skor masing-masing 54 dan 338 dengan perolehan rata-rata 90% dan 84,5% yang tergolong sangat praktis. Efektivitas media diukur dengan hasil post test siswa pada saat dilakukan uji coba di mana diperoleh hasil bahwa kesepuluh orang siswa memperoleh nilai yang tuntas mencapai KKM. Dengan hasil 100% siswa yang mencapai KKM maka media dinyatakan efektif dengan ketentuan apabila hasil belajar siswa (post test) menunjukkan 85% siswa mencapai angka KKM, yaitu 75.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-240 |
Keywords: | Media Pembelajaran; Multimedia; Adobe Flash Pro CS6; Multimedia Pembelajaran; Pembelajaran Tematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 07:54 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 07:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45066 |