Samosir, Dermi (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU BAHASA INDONESIA MERENCANAKAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DENGAN TEKNIK PELATIHAN ON-THE-JOB TRAINING DI SMK KABUPATEN KARO. Masters thesis, UNIMED.
1. 81261320446 Cover.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
2. 81261320446 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
3. 81261320446 Abstrak.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
4. 81261320446 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. 81261320446 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
6. 81261320446 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
7. 81261320446 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
8. 81261320446 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
9. 81261320446 Bab I.pdf - Published Version
Download (606kB) | Preview
10. 81261320446 Bab V.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
11. 81261320446 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah supervisi akademik dengan teknik pelatihan on-the-job training dapat meningkatkan kemampuan guru bahasa Indonesia merencanakan pembelajaran di SMK Kabupaten Karo. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen telaah silabus dan instrumen telaah RPP. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Prasiklus, data menunjukkan bahwa kemampuan guru menyusun silabus 33,33% atau 10 orang guru dalam kategori cukup baik dan dan 66,66% atau 20 orang guru kategori kurang baik. Kemampuan guru menyusun RPP, 73% atau 22 orang guru cukup baik dan 27% atau 8 orang guru kategori kurang baik. (2) Siklus pertama kemampuan menyusun silabus 100% guru atau 30 orang guru memiliki skor cukup baik, skor penilaian RPP 13,33% atau 4 orang guru memiliki skor kategori baik, 86,67% atau 26 guru memiliki skor cukup baik. (3) Siklus kedua, kemampuan menyusun silabus 100% atau 30 orang guru memiliki skor kategori baik, kemampuan menyusun RPP 80% guru atau 24 guru memiliki skor kategori baik dan 20% guru atau 4 orang guru memiliki skor kategori cukup baik. Penelitian ini menemukan bahwa melalui supervisi akademik teknik on-the-job training dapat meningkatkan kemampuan guru merencanakan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Sam m |
Keywords: | Silabus; Supervisi akademik; Teknik pelatihan; Kemampuan guru; On-the-job training; Rencana pelaksanaan pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 08 May 2016 19:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4506 |