Nurhapida, - (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Live Work Sheet Materi Bangun Datar Di Kelas IV SDN 04 Panai Hilir T.A. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173311100_COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 1173311100_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
3. NIM. 1173311100_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM. 1173311100_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
5. NIM. 1173311100_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6. NIM. 1173311100_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 1173311100_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 1173311100_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1173311100_BAB I.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
13. NIM. 1173311100_BAB V.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
14. NIM. 1173311100_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
Abstract
Lembar Kerja Peserta Didik merupakan salah satu alternative yang dapat digunakan di sekolah. Penggunaan LKPD sangat besar peranannya dalam proses pembelajaran, sehingga penggunaan LKPD dapat menggantikan peranan seorang guru. Penggunaan LKPD di SDN 04 Panai Hilir juga belum memenuhi unsur-unsur LKPD dan belum tersedianya LKPD dalam proses pembelajaran. Dan penggunaan LKPD berbasis PBL juga belum tersedia di SD tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) menggunakan live work sheet materi bangun datar, (2) Mengetahui keefektifitasan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) menggunakan live work sheet materi bangun datar, (3) Mengetahui praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) menggunakan live work sheet materi bangun datar. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan metode pengembangan Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 04 Panai Hilir. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket serta lembar soal pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Uji kelayakan LKPD oleh ahli materi berada pada kualifikasi sangat layak yaitu sebesar 91,57 %, serta ahli LKPD (media) berada pada kualifikasi sangat layak sebesar 92%, (2) Uji keefektifan menunjukkan terdapat hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan LKPD berbasis PBL dengan nilai rata-rata 88,25 dan siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan LKPD dengan nilai rata-rata sebesar 63,03, (3) Uji kepraktisan LKPD berbasis PBL oleh guru berada pada kualifikasi sangat layak sebesar 92,72%. Berdasarkan hasil pengolahan data angket diketahui bahwa LKPD berbasis PBL dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar, menjadikan siswa lebih aktif dalam belajar dalam memecahkan masalah dan dapat meningkatkan hasil belajar materi bangun datar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-243 |
Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik; Problem Based Learning; Live Work Sheet; Bangun Datar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 04:22 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45054 |