Sebayang, Novita Sari P. (2021) Analisis Efektivitas Keterampilan Berbahasa Indonesia Kelas V Melalui Pembelajaran Daring Di Sdn 067776 Simalingkar B Medan Sumatera Utara T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173311097_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1173311097_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
3. NIM. 1173311097_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
4. NIM. 1173311097_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
5. NIM. 1173311097_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6. NIM. 1173311097_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 1173311097_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 1173311097_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1173311097_BAB I.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
13. NIM. 1173311097_BAB V.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
14. NIM. 1173311097_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Efektivitas Keterampilan Berbahasa Melalui Pembelajaran Daring Kelas V di SDN 067776 Simalingkar B, Medan Sumatera Utara T.P 2020/2021. Adapun keterampilan berbahasa di maksud adalah keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis dan jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dimana data dikumpulkan melalui instrumen penelitian seperti wawancara, angket, dan observasi terhadap guru dan siswa untuk menilai efektivitas pembelajaran keterampilan bahasa. Setiap instrumen penilaian berbahasa berisi indikator keterampilan berbahasa, kemudian ditabulasikan dan diberi skor untuk dianalisis berdasarkan kategori efektivitas.
Hasil analisis menunjukkan bahwa efektivitas keterampilan menyimak 62,5%, keterampilan berbicara 55%, keterampilan membaca 60,93%, dan keterampilan menulis 59,73%. Rata-rata skor keterampilan berbahasa adalah 59,73% yang dikategorikan sebagai kurang efektif. Hasil ini dikonfirmasi dengan hasil wawancara bersama guru dan siswa kelas VA dan VB. Guru telah berupaya mengajarkan keempat keterampilan berbahasa melalui sistem pembelajaran dalam jaringan dengan memanfaatkan perangkat dan media pembelajaran, namun masih menghadapi berbagai kendala seperti jaringan, perangkat yang kurang memadai, dan masalah kelelahan fisik, sehingga efektivitas pembelajaran bahasa belum mencapai hasil yang maksimal. Disimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran keterampilan berbahasa secara daring di kelas V di SDN 067776 Simalingkar B Medan masih tergolong rendah atau kurang efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-222 |
Keywords: | Analisis Efektivitas Pembelajaran; Pembelajaran Dalam Jaringan; Pembelajaran Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 03:22 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45049 |