Dinarzad (2014) IMPLEMENTASI SUPERVISI ILMIAH DENGAN PENDEKATAN KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SMP KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126132006 Cover.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. 8126132006 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (587kB) | Preview
3. 8126132006 Abstrak.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4. 8126132006 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5. 8126132006 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. 8126132006 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
7. 8126132006 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. 8126132006 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
9. 8126132006 Bab I.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
10. 8126132006 Bab V.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
11. 8126132006 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi Supervisi Ilmiah dengan pendekatan Kolaboratif dapat meningkatkan kinerjaguru bidang studi Bahasa Indonesia pada SMP Kota Medan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah. Tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru. Penelitian tindakan ini terdiri dari empat rangkaian kegiatan yaitu : (a) perencanaan, (b) tindakan, (c)pengamatan, (d) refleksi. Sampel penelitian ini adalah berjumlah 30 orang guru yang ditentukan dengan cara random sampling.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar APKG 1, APKG 2 dan evaluasi hasil Belajar.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut : (1) Pada pra siklus, tidak ada guru yang memiliki skor kinerja dalam kategori baik, dimana guru memiliki skor kinerja dalam kategori cukup baik sebesar 3,33%, guru memiliki skor kinerja dalam kategori kurang baik sebesar 96,67% , dan tidak ada skor kinerja guru dalam kategori tidak baik. (2) Pada siklus pertama, tidak ada guru yang memiliki skor kinerja dalam kategoribaik, dimana guru memiliki skor kinerja dalam kategori cukup baik sebesar 93,33%, guru memiliki skor kinerja dalam kategori kurang baik sebesar 6,67%, dan tidak ada skor kinerja guru dalam kategori tidak baik. (3) Pada Siklus Kedua, guru memliki skor kinerja dalam kategori baik sebesar 66,67%, dimana guru memiliki skor kinerja dalam kategori cukup baik sebesar 33,33%, tidak ada skor kinerja guru dalam kategori kurang baik dan dalam kategori tidak baik. Hasil temuan penelitian ini menemukan bahwa implementasi supervisi ilmiah dengan pendekatan kolaboratif dapat meningkatkan kinerja guru. Saran kepada kepala sekolah sebagai supervisor dalam pelaksanaan tugasnya dapat menerapkan supervisi ilmiah dengan pendekatan kolaboratif. Kepada pengawas sekolah bidang studi Bahasa Indonesia dapat menerapkan supervisi ilmiah dengan pendekatan kolaboratif. Kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan sebaiknya memberikan pendidikan dan pelatihan kepada kepala sekolah untuk memperluas wawasan tentang penerapan supervisi model ilmiah dengan pendekatan kolaboratif. Kepada guru bidang studi Bahasa Indonesia agar selalu meningkatkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan satra melalui pendidikan dan pelatihan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Din i |
Keywords: | Supervisi ilmiah; Pendekatan kolaboratif; Kinerja; Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 08 May 2016 18:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4504 |