Sudirman, Dina Maulida (2020) Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Pembelajaran Tari Melalui Pemanfaatan Properti Untuk Meningkatkan Kreativitas Di SMK Pembanguna Daerah Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2153341004 COVER.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
2. NIM. 2153341004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
3. NIM. 2153341004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
4. NIM. 2153341004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
5. NIM. 2153341004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
6. NIM. 2153341004 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
7. NIM. 2153341004 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
8. NIM. 2153341004 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
9. NIM. 2153341004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (734kB) | Preview
13. NIM. 2153341004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
14. NIM. 2153341004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dengan menerapkan model pembelajaran project based learning melalui pemanfaatan properti selendang, sarung, kipas, dan ketipung berdasarkan K.D 4.2 yaitu berkarya seni tari melalui modifikasi sesuai dengan iringan. Tari yang sudah dimodifikasi adalah tari dari etnis melayu dengan menggunakan musik zapin batin kemuning sebagai musik pengiringnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kreativitas Conny R Semiawan (2009:44) yaitu, kreativitas adalah modifikasi yang sudah ada menjadi konsep baru. Teori model pembelajaran project based learning Daryanto (2009:407) yaitu, Project Based Learning merupakan cara belajar yang memberikan kebebasan berpikir pada siswa yang berkaitan dengan isi atau bahan pengajaran dan tujuan yang direncanakan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TB yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas peserta didik meningkat setelah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Rata-rata kreativitas peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning mengalami peningkatan dari rata-rata 59,05 (pre test) meningkat menjadi rata-rata 79.2 (post test) hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning pada pelajaran seni tari dapat meningkatkan kreativitas belajar peserta didik kelas XI TB SMK Pembangunan Daerah Lubuk Pakam. Hasil tersebut diperoleh dari analisis uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (10,60 > 1,68595), sehingga hipotesis penelitian di terima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Project Based Learning; Pemanfaatan properti; Kreativitas |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 03 Feb 2022 05:43 |
Last Modified: | 03 Feb 2022 05:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45027 |