HARAHAP, PUTRI HANDAYANI (2020) ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI WILAYAH XIII KECAMATAN PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1163311076_COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 1163311076_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
3. NIM 1163311076_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 1163311076_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
5. NIM. 1163311076_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM. 1163311076_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 1163311076_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 1163311076_BAB I.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
12. NIM. 1163311076_BAB V.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
13. NIM. 1163311076_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan kesulitan guru dalam menerapkan kurikulum 2013 di SD Negeri Wilayah XIII Sekecamatan Percut Sei Tuan dan (2) untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi kesulitan menerapkan kurikulum 2013 di SD Negeri Wilayah XIII Sekecamatan Percut Sei Tuan.
Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 30 guru dari SD Negeri Wilayah XIII Kecamatan Percut Sei Tuan yaitu 10 guru dari SDN 101769, 10 guru dari SDN 106814, dan 10 guru dari SDN 101771 Tembung.
Hasil penelitian nya adalah kesulitan guru dalam menerapkan kurikulum 2013 diantaranya, yaitu: a) Kesulitan pada pembuatan RPP dan pelaksanaannya. b) Kesulitan dalam memahami materi c) Kesulitan dalam penggunaan media dan pembuatan media d) Penilaian yang ada 4 macam membuat guru mnegalami kesulitan dalam membagi waktu mengerjakan penilaian yang sangat detail
berbentuk deskriptif dan Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan dalam menerapkan kurikulum 2013 tersebut adalah: a) Mengadakan pertemuan antara sesame guru untuk membahas RPP b) Guru mengulang kembali materi yang belum dipahami c) Membuat media dalam satu pembelajaran meskipun tidak semua materi d) Mengatur jadwal disela-sela guru tidak mengajar, guru mengerjakan penilaian peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kesulitan, Kurikulum 2013, Upaya. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 09:08 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 09:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45012 |