Lubis, Mahda Reni (2020) Inovasi Media Pembelajaran Ansambel Musik Untuk Membentuk Kreativitas Siswa Di SMP Muhammadiyah 03 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2151142023 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM. 2151142023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (714kB) | Preview
3. NIM. 2151142023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 2151142023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
5. NIM. 2151142023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
6. NIM. 2151142023 TABELS.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 2151142023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 2151142023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
12. NIM. 2151142023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
13. NIM. 2151142023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
Abstract
Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui Inovasi Media Pembelajaran di SMP Muhammadiyah 03 Medan dan untuk mengetahui kreativitas siswa/i dalam membuat alat musik di SMP Muhammadiyah 03 Medan. Inovasi Media Pembelajaran dalam pendidikan sangat dibutuhkan karena melihat masih kurangnya media pembelajaran untuk menunjang kreativitas siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini mendorong penulis untuk mengangkat ini dan menjadikan topik penelitian. Teori yang digunakan adalah teori inovasi, media pembelajaran dan kreativitas.Inovasi ialah suatu ide, barang,kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat), baik itu berupa hasil ivention maupun diskoveri.Media pembelajaran meliputi alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pelajaran, yang terdiri dari antara lain buku, tape recorder, kaset vidio,camera, vidio recorder , film slide, foto , gambar, grafik, televisi dan komputer.Kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata relatif berbeda dengan apa yang telah ada.Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakulikuler sebanyak 120 orang. Sampel pada penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakulikuler dibidang seni musik sebanyak 18 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian inovasi media pembelajaran ansambel musik di SMP Muhammadiyah 03 Medan dapat membuat siswa cepat tanggap menerima hal-hal yang baru mereka lakukan dengan media – media yang dapat menunjang proses pembelajaran dengan memanfaatkan barang bekas.Kreatifitas siswa dalam membuat alat musik ini membantu guru untuk melihat sejauh mana kreatifiatas yang dimiliki setiap siswa dengan mengaktualisasikan kreativitas siswa memodivikasi sebuah botol bekas untuk dijadikan media pembelajaran berupa alat musik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Inovasi; Media Pembelajaran Ansambel Musik; Untuk Membentuk Kreativitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT18 Music in colleges and universities |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 03 Feb 2022 05:42 |
Last Modified: | 03 Feb 2022 05:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45010 |