Ginting, Lulu (2021) Persepsi Guru Tentang Media Pembelajaran Berbasis Information Technology (IT) di SD Se-Desa Pasar Melintang Kecamatan Lubuk Pakam T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173111057_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 1173111057_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
3. NIM. 1173111057_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
4. NIM. 1173111057_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
5. NIM. 1173111057_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6. NIM. 1173111057_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 1173111057_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
8. NIM. 1173111057_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 1173111057_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
10. NIM. 1173111057_BAB I.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
14. NIM. 1173111057_BAB V.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
15. NIM. 1173111057_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana persepsi guru tentang media pembelajaran berbasis Information Technology (IT) di SD se-Desa Pasar Melintang Kecamatan Lubuk Pakam T.P.2020/2021.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru tentang media pembelajaran berbasis Information Technology (IT) di SD se-Desa Pasar Melintang Kecamatan Lubuk Pakam T.P.2020/2021. Lokasi penelitian ini dilakukan di SD se-Desa Pasar Melintang Kecamatan Lubuk Pakam. Populasi dalam penelitian adalah seluruh guru di SD se-desa Pasar Melintang yang berjumlah 31 orang. Sampel dalam penelitian ini merupakan keseluruhan dari populasi yaitu 31 orang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaang digunakan adalah wawancara, angket/kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif-kuantitatif yang kemudian diinterprestasikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru tentang media pembelajaran berbasis Information Technology (IT) di SD se-Desa Pasar Melintang Kecamatan Lubuk Pakam T.P. 2020/2021 memiliki kecenderungan kategori “cukup” dengan rata-rata perolehan skor jawaban kuesioner yaitu 2,9. Ditinjau dari indikator kognitif dapat disimpulkan bahwa 6,91% sangat setuju, 34,09% setuju, 44,69% kurang setuju, dan 14,27 tidak setuju artinya guru memiliki pengetahuan yang cukup tinggi tentang media berbasis IT dalam pembelajaran di SD. Berdasarkan indikator afektif dapat disimpulkan bahwa 26,26% sangat setuju, 49,59% setuju, dan 24,41% kurang setuju artinya guru memiliki sikap atau keyanikan yang tinggi mengenai penggunaan media berbasis IT dalam pembelajaran. Berdasarkan indikator konatif dapat disimpulkan bahwa 16,66% sangat setuju, 42,63% setuju, dan 41,02% kurang setuju artinya guru memiliki kecenderungan yang tinggi untuk melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis IT di SD. Dengan demikian disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi guru memiliki persepsi “cukup tinggi” tentang media pembelajaran berbasis information technology (IT) di SD se- Desa Pasar Melintang Kecamatan Lubuk Pakam T.P 2020/2021 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-267 |
Keywords: | Persepsi Guru; Media Pembelajaran Berbasis IT; Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 08:02 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 08:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44986 |