Humaira, - (2021) Pengembangan Video Animasi Berbasis Adobe Flash pada Tema 5 Ekosistem Subtema 1 Komponen Ekosistem Kelas V SDN 060863 Pulo Brayan Bengkel T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173111038_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 1173111038_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
3. NIM. 1173111038_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM. 1173111038_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
5. NIM. 1173111038_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6. NIM. 1173111038_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 1173111038_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 1173111038_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 1173111038_BAB I.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
13. NIM. 1173111038_BAB V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14. NIM. 1173111038_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
Abstract
Pengembangan video animasi berbasis Abode Flash kelas V pada tema 5 subtema 1 komponen ekosistem yang dilakukan di SD Negeri 060863 yang mengacu pada mode 4D atau Four D, 4 tahapan yaitu tahap Define, Design, Development, Dissaminat. Tahapan singkat pada model ini diawali dengan analisis awal, rancangan awal, validasi dan sampai pada tahap uji coba produk. Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan sebuah produk berupa video animasi yang berisikan materi-materi pembelajaran yang menungkinkan siswa lebih tertarik dalam belajar. Tersedianya fasilitas di sekolah semoga dapat dimanfaatkan dengan baik bersamaan dengan menggunakan media pembelajaran ini. Selain itu media ini juga dibuat agar guru mudah dalam menyampaikan informasi kepada siswa dan menjadikan media ini sebagai salah satu sumber belajar dan juga media penyampaian materi. Hasil dari validasi media dengan kualifikasi sangat layak, hal tersebut dapat dilihat dari hasil penilaian oleh validator ahli materi dan ahli media yang memberikan skor sebesar 92% dan 96% yang dapat dikategorikan layak setelah melakukan perbaikan. Penilaian juga dilakukan dengan guru kelas dengan diberikan angket untuk menilai. Skor yang diperoleh dari penilaian guru sebesar 94% dengan kategori sangat layak. Media ini siap digunakan untuk membantu menyampaikan materi kepada siswa agar lebih menarik. Oleh karena adanya keterbatasan yang disebabkan oleh virus yang melanda, media video animasi berbasis Adobe Flash belum bisa diuji cobakan langsung dengan siswa untuk mengetahui keefektifannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-238 |
Keywords: | Konsep Media Pembelajaran; Video Animasi; Pembelajaran Tematik; Adobe Flash |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 04:32 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44965 |