SITANGGANG, DEBORA MARISKA (2020) PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK PINTAR HITAM (KOPINTAM) PADA PEMBELAJARAN TEMA 7 INDAHNYA KEBERAGAMAN NEGERIKU SUBTEMA 2 KELAS IV SD NEGERI 030303 BERAMPU T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1163111015_COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 1163111015_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
3. NIM. 1163111015_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 1163111015_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
5. NIM. 1163111015_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
6. NIM. 1163111015_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 1163111015_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1163111015_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1163111015_BAB I.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
13. NIM. 1163111015_BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 1163111015_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran Tematik mantap dilaksanakan sesuai dengan anjuran pemerintah sejak dikeluarkannya Kurikulum 2013. Ketepatan memilih media merupakan faktor utama dalam mengoptimalkan hasil pebelajaran. Agar tidak salah dalam pemilihan media pada pembelajaran, seorang guru perlu kreatif dalam menciptakan media serta mampu menciptakan suasana belajar yang kreatif dan dinamis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menciptakan dan mengembangkan media Kotak Pintar Hitam (KOPINTAM) sebagai sarana media pembelajaran yang layak dan dapat di aplikasikan dalam pembelajaran tematik yaitu Tema 7 Indahnya Keberagaman Negeriku.
Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan lima langkah model pengembangan ADDIE, yaitu : 1). Analysis, 2). Design, 3). Develop, 4). Implement, 5) Evaluation. Tahapan ini dilakukan untuk mendapatkan kelayakan media sebagai sarana dalam pembelajaran. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan angket. Data dari hasil wawancara dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Pada pengembangan untuk lebih menjadikan media lebih efisien maka dilakukan ini untuk mendapatkan hasil kelayakan maka melibatkan dosen FIP UNIMED sebagai ahli media dan ahli materi serta praktisi pendidikan guru kelas IV SDN 030303 Berampu.
Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran Kotak Pintar Hitam (KOPINTAM) kelas IV SDN 030303 Berampu. Dari analisis yang dilakukan bahwa menunjukkan kebutuhan guru dan peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran sangat membutuhkan media pembelajaran. Dalam hal ini media sangat dirasakan mampu
menjelaskan dan memudahkan dalam pemahaman pembelajaran. Kemudian kelayakan media pembelajaran juga, telah memenuhi kelayakan dari aspek kelayakan penyajian media dan kelayakan isi materi setelah melalui proses validasi dari ahli media dan ahli materi. Dari hasil evaluasi yang diperoleh bahwa media ini menunjukkan kriteria baik. Dengan urutan hasil berupa skor aspek kelayakan media dengan hasil 92% (kriteria sangat baik) dan aspek kelayakan isi materi 94% (kriteria sangat baik) kemudian di dukung dengan hasil penilaian kelayakan oleh guru yaitu 94% (kriteria sangat baik). Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran Kotak Pintar Hitam (KOPINTAM) pada pembelajaran tema 7 Indahnya Keberagaman Negeriku Subtema 2 layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran, ADDIE, Kotak Pintar Hitam (KOPINTAM) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 05:04 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 05:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44963 |