Sinaga, Julafrigandi (2014) PENGARUH KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH, BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KOMITMEN AFEKTIF GURU DI SMP KABUPATEN LABUHANBATU UTARA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126132013 Cover.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
2. 8126132013 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
3. 8126132013 Abstrak.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
4. 8126132013 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
5. 8126132013 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. 8126132013 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7. 8126132013 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. 8126132013 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
9. 8126132013 Bab I.pdf - Published Version
Download (964kB) | Preview
10. 8126132013 Bab V.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
11. 8126132013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan partisipatif kepala sekolah terhadap motivasi kerja, pengaruh budaya organisasi terhadap motivasi kerja, pengaruh kepemimpinan partisipatif kepala sekolah terhadap komitmen afektif, pengaruh budaya organisasi terhadap komitmen afektif, dan pengaruh motivasi kerja terhadap komitmen afektif di SMP Kabupaten Labuhan Batu Utara. Penelitian ini menggunakan analisi jalur dengan responden sebanyak 115 guru di SMP Kabupaten Labuhanbatu Utara. Pengumpulan data diperoleh melalui instrumen angket.Hasil temuan penelitian adalah terdapat terdapat pengaruh langsung kepemimpinan partisipatif kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru. Hal ini dapat diketahui dari hasil hitung analisis jalur antara kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dengan motivasi kerja guru sebesar 0,395. Dengan nilai ρ31 =0,395 diperoleh harga thitung = 4,534. Terdapat pengaruh budaya organisasi terhadap motivasi kerja guru sebesar 0,350. Dengan nilai ρ32 =0,350 diperoleh harga thitung = 3,946. Terdapat pengaruh kepemimpinan partisipatif kepala sekolah terhadap komitmen afektif guru. Hal ini dapat diketahui dari hasil hitung analisis jalur antara kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dengan komitmen afektif guru sebesar 0,280. Dengan nilai ρ41 =0,280 diperoleh harga thitung = 3,077. Harga ini dikonsultasikan dengan ttabel dengan N=115 pada taraf 5% =1,560. Terdapat pengaruh budaya organisasi terhadap komitmen afektif guru. Hal ini dapat diketahui dari hasil hitung analisis jalur antara budaya organisasi dengan komitmen afektif guru sebesar 0,294. Dengan nilai ρ42 =0,294 diperoleh harga thitung = 3,145. Harga ini dikonsultasikan dengan ttabel dengan N=115 pada taraf 5% =1,560. Terdapat pengaruh langsung motivasi kerja terhadap komitmen afektif guru. Hal ini dapat diketahui dari hasil hitung analisis jalur antara motivasi kerja dengan komitmen afektif guru sebesar 0,233. Dengan nilai ρ43 =0,233 diperoleh harga thitung = 2,522. Harga ini dikonsultasikan dengan ttabel dengan N=115 pada taraf 5% =1,560. Dengan demikian hipotesis yang diajukan bahwa terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap komitmen afektif guru dapat diterima dan teruji kebenarannya. Besar pengaruh langsung dari variabel motivasi kerja terhadap komitmen afektif guru adalah 5,42%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.207 Sin p |
Keywords: | Komitmen afektif; Kepemimpinan partisipatif; Motivasi kerja; Budaya organisasi; Kepala sekolah; Guru |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology > HM706 Social structure L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 02 May 2016 18:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4494 |